Forgot Password Register

Tak Hanya Sebagai Bumbu Dapur, Bawang Putih Miliki Manfaat Lain

Bawang Putih. (Foto: Istimewa) Bawang Putih. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Banyak dari kita yang membenci bawang putih sejak masih muda. Rasa pahit dan bau yang menyengat membuat kita percaya jika bawang sebaiknya dihindari. Tapi kemudian kita semua belajar bahwa bawang putih benar-benar baik untuk kesehatan dan sistem kekebalan tubuh kita. Namun bukan hanya itu, rupanya bawang putih memiliki manfaat yang jauh lebih banyak lagi. Apa saja mereka?


1. Memperbaiki Gelas yang Retak



Bawang putih adalah perekat alami. Kita bisa menggunakan sari lengket dari bawang putih sebagai lem untuk item yang rapuh. Caranya adalah dengan menumbuk bawang putih hingga sari lengket dari bawang putih tersebut ke luar. Sari bawang putih dapat bekerja dengan baik sebagai agen pengikat.

2. Mengurangi Sakit Gigi



Saat kita sakit gigi terkadang kita tidak punya waktu untuk ke dokter gigi, dan berharap rasa sakit tersebut menghilang dengan sendirinya. Nah, bawang putih ternyata dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit gigi tersebut. Kandungan sejumlah besar sistein pada bawang putih memiliki efek anestesi. Yang perlu anda lakukan adalah menggosokkan bawang putih pada gigi yang sakit, dan itu akan membantu meredakan rasa sakit untuk sementara waktu.

3. Sebagai Pembersih Wajah



Jika anda lebih memilih perawatan kulit alami dibandingkan mengandung kimia, maka bawang putih adalah jawabannya. Bawang putih mengandung antiseptik, antivirus dan anti jamur yang kuat. Itu artinya bawang putih membantu melawan jerawat dewasa, bekas jerawat dan banyak penyakit kulit lainnya dan alergi.

4. Menyembuhkan Jamur Kaki


Menderita jamur pada kaki bisa terjadi pada siapa pun. Namun hal ini dapat disembuhkan dengan bantuan bawang putih. Anda hanya perlu menempatkan beberapa siung bawang putih ke dalam air panas, lalu rendam kaki anda selama 30 menit.

Jamur sensitif terhadap bawang putih.  Bawang putih mempunyai aktivitas Anticandidal (anti jamur Candida) yang cukup tinggi, sehingga efektif melawan jamur kaki.

5. Menghentikan Infeksi Telinga



Infeksi telinga biasanya dapat disembuhkan dengan bantuan antibiotik, tetapi mereka juga dapat disembuhkan dengan bawang putih. Obat ini dianjurkan terutama untuk anak-anak, karena mereka terlalu muda mendapat resep obat yang biasa.

Untuk menyembuhkan infeksi telinga di rumah, peras bawang putih untuk mendapatkan minyaknya. Hangatkan sedikit lalu teteskan ke telinga. Dikatakan minyak bawang putih hangat dapat bekerja menghentikan infeksi pada telinga. Namun anda juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.



Share :
Komentar :

Terkait

Read More