Forgot Password Register

Tak Mau 'Kecolongan', Bea Cukai: Kebijakan Simplikasi Tarif Cukai Terus Diawasi

Ilustrasi (Pixabay) Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan akan konsisten mengawal kebijakan penyederhanaan layer (simplifikasi) tarif cukai rokok untuk menciptakan persaingan sehat di industri dan menutup celah pabrikan berbuat curang.

"Cukai rokok ini uang yang cair sekali, makanya ini sangat diharapkan sekali, kalau cukai rokok tidak masuk dengan baik, negara bisa ketar-ketir," ujar Nugroho Wahyu, Pelaksana Tugas Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai DJBC dalam keterangan tertulisnya, Senin (9/7/2018).

Senada dengan Nugroho, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara, menilai kebijakan penyederhanaan layer tarif harus konsisten dijalankan dan diawasi secara maksimal.

Baca juga: Trump Berani Ancam Tarif Produk RI? Cek Nih Impor AS ke Indonesia!

Dengan begitu, lanjut Suahasil, akan menutup celah bagi pabrikan rokok membayar tarif cukai yang lebih rendah sehingga tidak ada ada lagi kebocoran keuangan negara.

"Dengan adanya simplifikasi ini tentu akan menaikkan pendapatan cukai. Seharusnya begitu. Semoga kepatuhan juga membaik," ucap dia.

Ekonom senior Institute for Develoment of Economics and Finance, Aviliani mengatakan kebijakan penyederhanaan layer tarif cukai juga mempermudah pabrikan mengetahui besaran cukai yang harus dibayar.

"Kalau tarifnya lebih sederhana, mereka bisa menghitung sendiri kewajibannya sehingga tidak perlu menyewa konsultan pajak lagi yang mungkin biayanya lebih besar dari jumlah yang akan dibayar ke negara," ujarnya.

Aviliani menambahkan banyaknya layer tarif cukai rokok sempat dikeluhkan para pengusaha, namun dengan adanya kebijakan penyederhanaan tarif cukai ini disambut positif industri rokok.

Baca juga: Jadi Makanan Terenak Sedunia, Ekspor Rendang Masih Terkendala

"Mereka (industri) sangat senang dengan penyederhanaan ini sehingga mengurangi pabrikan besar bermain di layer kecil. Sekarang layer tarif menjadi sederhana dan sangat jelas," ucapnya.

Penyederhanaan sistem cukai hasil tembakau merupakan langkah yang sangat tepat untuk menyehatkan persaingan industri nasional. Kebijakan ini merupakan gebrakan yang patut dihargai dan harus konsisten diterapkan agar dapat memberikan dampak yang positif bagi industri dan negara.

Penyederhanaan layer tarif cukai rokok diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146 Tahun 2017 Tentang Tarif Cukai Tembakau. Untuk tahun 2018 ini, layer tarif cukai rokok berjumlah 10. Mulai 2019 sampai 2021, tarif cukai rokok disederhanakan setiap tahunnya menjadi 8, 6 dan 5 layer.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More