Forgot Password Register

Tak Perlu ke Klinik, Tampil Cantik Cukup dengan Manfaatkan Garam

Tak Perlu ke Klinik, Tampil Cantik Cukup dengan Manfaatkan Garam Garam (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Garam lebih dikenal sebagai bumbu dapur untuk menimbulkan rasa asin pada masakan. Meski dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi garam namun faktanya, garam memiliki kandungan yodium yang baik untuk kesehatan.

Baca juga: Bahaya! Jangan Sering Gunakan Pembersih Wajah 'All in One'

Terlepas dari itu semua, ternyata garam bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk melakukan perawatan kecantikan kulit secara alami. 

Berikut ini adalah manfaat garam untuk kecantikan kulit seperti dilansir dari Boldsky:

1. Memutihkan kulit

Ingin memiliki kulit putih tak selalu harus mengeluarkan dana besar untuk melakukan treatmen di klinik kecantikan atau membeli produk pemutih kulit. Kamu bisa menggunakan garam dapur yang merupakan agen pemutih kulit alami yang sekaligus bisa mencerahkan dan memulihkan sel-sel kulit mati.

Caranya adalah dengan membuat pasta menggunakan garam dan air dengan perbandingan sekitar 2:1 untuk selanjutnya diaplikasikan pada wajah. Diamkan selama sekitar 30 detik untuk kemudian bilas dengan air.

Kandungan natrium pada garam cukuplah tinggi, jadi pastikan untuk tidak menyimpannya terlalu lama, karena bisa membakar kulit.

2. Infeksi kulit

Mungkin kamu sering mendengar atau bahkan mempraktekannya saat terlukan langsung di cuci dengan air garam agar tidak infeksi. Garam memilik sifat anti-inflamasi yang dapat mengobati infeksi kulit. 

Caranya, tambahkan dua sendok teh garam ke dalam air hangat, lali gunakan kain bersih untuk menyekanya pada kulit yang luka atau terinfeksi.

3. Ruam kulit

Magnesium sulfat yang ada dalam pada garam bisa mengobati gatal-gatal pada kulit. Dengan menggunakan garam, gatal-gatal pada kulit bisa diredam.

Caranya dengan mencampurkan satu cangkir air panas dan garam ke dalam sebuah mangkuk, biarkan hingga dingin kemudian masukan ke dalam kulkas untuk di bekukan selama 20 menit.

Setelah dibekukan, terapkan pada daerah yang gatal atau ruam dan biarkan selama 30 menit.

4. Membersihkan kulit

Garam memiliki sifat sebagai pembersih alami untuk kulit. Garam dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dari debu dan kotoran yang menempel, dan menyeimbangkan produksi minyak.

Caranya, campur dua sendok teh garam dnegan air hangat, biarkan hingga larut. Lalu, gunakan air tersebut untuk disemprotkan pada wajah.

Baca juga: Jangan Sampai Bagian Ini Luput Olesan Tabir Surya, Bisa Kanker Kulit!

5. Menghaluskan kulit

Garam adalah scrub terbaik yang dapat menghilangkan kulit mati, melembutkan dan memberikan kehalusan pada kulit.

Caranya, campurkan 1/4 sendok garam dengan 1/2 sendok minyak zaitun dan minyak kelapa. Buatlah pasta tebal dan gosok wajah kamu dengan pasta ini untuk mendapatkan kulit yang halus.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More