Forgot Password Register

Tanpa Makan dan Minum, Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Hidup?

Tanpa Makan dan Minum, Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Hidup? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Manusia sejatinya membutuhkan makan dan minum untuk kelangsungan hidup. Namun dalam situasi tertentu manusia harus memiliki daya tahan yang cukup untuk bertahan hidup. Tanpa makan dan minum berapa lama manusia bisa terus bertahan hidup?

Dilansir dari metro.co.uk, kelangsungan hidup manusia sepenuhnya bergantung pada cadangan makanan, metabolisme, dan aktivitas seseorang. Sedikit saja terlambat makan bisa membuat badan lemas, pusing dan sulit konsentrasi.

Baca juga: Satu Detik Saja Makanan Dihinggapi Lalat, Ini Bahayanya...

Hal itu disebabkan karena otak tidak menerima bahan bakar untuk tubuh dan adanya penurunan gula darah. Ketika seseorang kekurangan gula darah akan berisiko kehilangan kesadaran atau pingsan.

Sementara bagi mereka yang tidak minum lebih parah. Mereka bisa terkena dehidrasi. Sedikitnya 60% tubuh manusia terdiri dari air dan air dibutuhkan setiap sel untuk melakukan tugasnya masing-masing. Misal pelumasan sendi, mengatur suhu tubuh, dan membuang kotoran dari dalam tubuh.

Secara umum, jumlah hari rata-rata orang bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum adalah tiga sampai empat hari. Lebih dari itu, maka akan mulai mengalami pusing, dehidrasi bahkan sampai kematian. Atau menderita anoreksia nervosa akibat kegagalan organ atau serangan jantung.

Baca juga: Seperti Mimpi, di Kota Ini Tidak Ada Kriminalitas dan Penduduknya Sejahtera

Hal ini biasanya sering terjadi pada mereka yang melakukan diet. Beberapa orang mungkin menganggap kelaparan adalah cara menurunkan berat badan dengan cepat. Padahal iti bisa mengorbankan hidup kita. Oleh karena itu, diet lah dengan sehat dan konsultasikan dengan dokter.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More