Pantau Flash
Kevin/Marcus Tantang Hendra/Ahsan di Final Indonesia Open 2019
Hendra/Ahsan Melangkah ke Final Indonesia Open 2019
Polisi Kembangkan Kasus Sabu Nunung hingga Luar Kota
Kongres Luar Biasa PSSI Digelar di Ancol 27 Juli 2019
Duterte Sebut HAM PBB Bodoh

Target Indonesia Jadi Produsen Industri Halal Terbesar Tahun 2024

Target Indonesia Jadi Produsen Industri Halal Terbesar Tahun 2024 Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro (tengah) (Foto: Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - The State of the Global Islamic Economy Report 2018-2019 mencatat besaran total pengeluaran belanja masyarakat Muslim dunia pada 2017 mencapai USD 2,1 triliun dan diperkirakan akan terus tumbuh hingga USD 3 triliun pada 2023.

Jumlah tersebut belanja dii berbagai sektor halal, seperti makanan dan minuman, farmasi dan kosmetik halal, busana halal, wisata halal, media dan hiburan halal, dan keuangan syariah.

Sayangnya, Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia hanya dapat bertengger di peringkat 10 sebagai negara produsen produk halal dunia.

Baca juga: Waduh! Jack Ma: Staf Harus Banyak Seks dan Kerja 12 Jam Sehari

Padahal dengan 85 persen dari jumlah populasi serta menyumbang 11 persen dari total muslim di seluruh dunia. 

"Kami ingin perbaikan dengan memperbaiki sisi permintaan, dari sektor riil Ekonomi Syariah. Yang dikenal industri halal. Proses produksi sudah berjalan di Indonesia sudah banyak dilakukan," ujar Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro saat ditemui di kantornya, Selasa (14/5/2019).

"Hingga saat ini Indonesia menjadi pemain signifikan dalam industri halal global kita dorong masterplan Ekonomi Syariah Indonesia harus menjadi pemain penting bisa merubah posisi yang saat ini menjadi net konsumen menjadi produsen memang Indonesia sangat dilirik tapi sebagai konsumen," imbuhnya.

Baca juga: Biodiesel Karya Anak Bangsa Berjaya di Malaysia

Lebih lanjut kata dia, untuk mencapai target tersebut pihaknya menetapkan berbagai target dan indikator. Target ini telah masuk dalam RPJMN dan diupayakan dapat terealisasikan 5 tahun kedepan atau tahun 2024. 

"Demi mencapai visi dalam masterplan ini, kami menetapkan berbagai target dan indikator, yaitu peningkatan skala usaha ekonomi syariah, Islamic Economic Index pada tingkat global dan nasional, kemandirian ekonomi, dan indeks kesejahteraan," pungkasnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Reporter
Ratih Prastika
Category
Ekonomi