Forgot Password Register

Tatap Asian Games 2018, Pelatnas Balap Sepeda di 'Godok' di Melbourne

Balap Sepeda Down Hill. (Foto: ExtremeINA) Balap Sepeda Down Hill. (Foto: ExtremeINA)

Pantau.com - Pembalap sepeda disiplin Down Hill (DH) yang selama ini menghuni pelatnas Asian Games 2018 Jakarta-Palembang bakal digodok selama dua pekan di Melbourne, Australia.

Manajer Timnas Indonesia, Budi Saputra mengatakan, pengiriman pembalap ke luar negeri merupakan salah satu tahapan persiapan untuk menghadapi Asian Games 2018 itu meski sebelumnya sempat tertahan.

"Kemarin, Senin  16 April kita berangkat ke Melbourne. Saat ini mereka langsung menjalani program yang telah ditetapkan bersama dengan pelatih," ujar Budi Saputra.

Pembalap DH Indonesia yang dikirim ke Negeri Kanguru itu sebanyak empat atlet. Mereka terdiri tiga putra yaitu Popo Ario Sejati, Hildan Afosma Katana dan Khoiful Mukhib serta satu rider putri yaitu Nining Purwoningsih.

Baca Juga: Wow! PB ISSI Hargai Sekeping Emas Asian Games Sebesar Rp1 Miliar

Sebenarnya ada satu lagi pembalap putri yang menghuni pelatnas yaitu Tiara Andini Prastika. Hanya saja wanita asal Semarang itu harus menjalani proses penyembuhan cedera telunjuk tangan yang dideritanya saat latihan di pelatnas.

Menurut Budi, pemusatan latihan di Australia merupakan bagian program yang dirancang jauh-jauh hari. Dipilihnya Melborne bukan tanpa alasan karena di tempat tersebut banyak melahirkan atlet potensial dan sering menjadi tuan rumah kejuaraan bergengsi.

"Setelah pemusatan latihan di sana, pembalap akan langsung diuji di kejuaraan Asia di Filipina, awal Mei nanti. Jadi TC di Melbourne harus dimanfaatkan dengan baik," tambahnya.

Baca Juga: Indonesia Bakal Punya Velodrome Kelas Dunia

Pria asal Purwokerto itu menjelaskan pada kejuaraan Asia di Danao, Cebu, Filipina, 2-7 Mei 2018 akan menjadi uji kekuatan pebalap yang akan turun di Asian Games 2018 Jakara-Palembang. Mengingat kejuaraan tersebut akan diikuti pembalap top dari kawasan Asia.

"Peta kekuatan akan kelihatan di sana (Filipina). Semoga setelah menjalani TC di Melbourne mereka bisa menunjukkan peningkatan dan hasil terbaik di kejuaraan Asia," kata Budi menegaskan.

Sementara itu salah satu pebalap DH Indonesia, Popo Ario Sejati mengaku akan langsung menjalani program yang ditetapkan hari ini meski cuaca dinilai cukup dingin yaitu 12 derajat celcius. Di Melbourne juga terjadi perbedaan waktu tiga jam lebih cepat dari Malang yang merupakan lokasi pelatnas.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More