Forgot Password Register

Tatap Olimpiade 2020, PB PASI Optimistis

Tigor Tanjung. (Foto: Pantau.com/ Wila Wildayanti) Tigor Tanjung. (Foto: Pantau.com/ Wila Wildayanti)

Pantau.com - Pelatnas PB PASI (Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) percaya diri bahwa Indonesia memiliki tiga peluang di Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang. Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung mengatakan itu setelah melihat kesuksesan di Asian Games 2018 dengan meraih dua medali perak dan satu medali perunggu.  

Peluang itu ada pada nomor 100 meter yaitu harapan ada pada Lalu Muhammad Zohri, setelah di nomor 4x100 meter bersama Bayu Kertanegara, dan Eko Rimbawan sukses. Kali ini satu pelari akan dicari penganti dari Fadlin, karena Fadlin akan pensiun. Sementara untuk peluang ketiga ada pada nomor lompat jauh.

Baca Juga: Sembuhkan Luka Para Korban, Zohri Jadi Ikon Event Mekaki Marathon 2018

Masuk di Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang memang tidak mudah, karena di atletik dari nomor 100 meter hanya akan dipilih 56 atlet sedunia dari 230 negara yang ada.

Untuk estafet hanya akan dipilih 16 tim dari 230 negara, sehingga untuk bisa masuk di Olimpiade perlu kerja keras. Bahkan untuk peringkat pun dicoba terus dinaikkan, dan saat ini yang disiapkan adalah Lalu Muhammad Zohri untuk bisa mengikuti Diamond League.

"Ada tiga yang punya peluang, lari 100 meter, 4x100 meter, dan lompat jauh. Contohnya Lalu peringkat 78, kalau sesuai aturan setiap negara maksimal tiga atlet, Lalu bisa masuk peringkat 55. Kuota 56, harusnya Zohri masuk. Tapi 'kan rangking bergerak, atlet bertanding terus. Itu yang harus kami kejar dan tentu sulit," ujar Tigor Tanjung di Pelatnas PB PASI, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Baca Juga: Tempati Peringkat 7, Zohri Lolos ke Babak Final 100 Meter

Dengan pensiunnya Fadlin, Tigor mengatakan bahwa saat ini mereka menyiapkan untuk mencari penganti, bahkan sudah melihat ke daerah-daerah untuk mencari regenerasi.

"Urgensi harus mencari Fadlin. Ada beberapa stok, tapi harus cepat diangkat (senior) untuk bisa masuk tim. Susunan sekarang yang cocok itu Fadlin, Eko, Bayu, dan Zohri," tukasnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More