Forgot Password Register

Teater 'Genta Sriwijaya' Pentaskan Cerita Sejarah yang Dibalut Semegah Opening Asian Games 2018

Teater 'Genta Sriwijaya' Pentaskan Cerita Sejarah yang Dibalut Semegah Opening Asian Games 2018 Para pengisi pentas 'Genta Sriwijaya' (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Pernah menonton pertunjukan teater pada masa silam sebelum kemerdekaan? Mungkin kamu menemukan perasaan bosan, jenuh, dengan pembawaan cerita yang bikin ngantuk.

Tapi tidak dengan pentas seni, tari dan teater 'Genta Sriwijaya' yang disebut-sebut akan memukau pengunjung yang hadir. Meski masih tentang cerita sejarah, pertunjukan dikemas dengan aneka teknologi multimedia, artistik tata cahaya dan musik dengan nuansa modern. Bahkan bisa dikatakan pertama kalinya di Indonesia.

"Kayaknya iya (pertama di Indonesia). Kemasannya sangat modern sekali, jadi kita nonton enggak kayak cerita orang zaman dulu, enggak. Ini pasti glamor," ujar Kenthus Ampiranto selaku Sutradara saat konferensi pers di Kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (8/11/2018).

Pedangdut Denny Malik selaku Sutradara Kreatif dan Pertunjukkan malah asyik menyamakan pertunjukan ini selayaknya pertunjukan seni pada Pembukaan Asian Games 2018 lalu. Dalam ajang tersebut, Ratoeh Aceh yang sekilas terlihat biasa saja, namun dengan teknologi mapping, tata cahaya, artistik dan busana melahirkan penampilan yang spektakuler.

"Asian Games itu semua dari awal sampai akhir etnik dan budaya Indonesia dengan campuran lighting, song projector, setting itu kan canggih," tutur Denny.

Baca juga: Candaan 'Sakti' Reza Rahadian Berbuah Pementasan 'Bunga Penutup Abad'

Nah pembukaan Asian Games jadi contoh, 'Geneta Sriwijaya' akan ditampilkan secara spektakuler dan fantastis. Bahkan Kenthus membocorkan, pihaknya akan menampilkan secara langsung ornamen kapal sungguhan dalam teater, berikut setting-an laut dalam pertunjukan.

Sedangkan Denny menyebut, meski cerita pada masa Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu para raja dan penduduknya belum ada kain songket, tapi para pemain teater ini akan mengenakan kain itu sebagai kostum demi penampilan yang lebih memukau.

Dalam teater ini hadir pula Cathy Sharon yang berperan sebagai Putri Tritaradewi dan Bambang Pamungkas sebagai salah seorang pengawal. 

Baca juga: 'Kerasnya' Panggung Teater, Marsha Timothy Ditempa Bak Polwan

Diva Indonesia Ruth Sahanaya juga akan hadir, sayang bukan sebagai pemain, melainkan penyanyi penutup merayakan masa kejayaan Sriwijaya yang berhasil menaklukkan Kerajaan Melayu yang disimbolkan berlangsungnya pernikahan Putri Tritaradewi (putri raja Melayu) dan Pangeran Dharmapala (putri raja Sriwijaya).

Deretan nama lain seperti Andrea Miranda, Daniel Christianto, Ivy Batuta, Inaya Wahid, Yenny Wahid, Ncess Nabati, Sogi Indra Dhuaja, Deasy Novianty juga akan hadir menambah semarak pertunjukkan.

Sayangnya, pertunjukkan yang akan digelar pada Selasa, 20 November 2018 pukul 19.00 WIB di Taman Ismail Marzuki (TIM) nanti, tiket sudah ludes terjual dengan kisaran harga Rp250 ribu hingga Rp2,5 juta.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More