Forgot Password Register

Teliti Baca Kontrak, Jika Tak Ingin Bernasib Seperti Pemilik Toko Ini

Teliti Baca Kontrak, Jika Tak Ingin Bernasib Seperti Pemilik Toko Ini Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Sebuah kafe di Melbourne telah diperintahkan untuk membayar 'influencer' Instagram yakni Chloe Roberts lebih dari USD1.600 setelah kontrak lisan antara para pihak berubah.

Pengadilan memutuskan menyamakan layanan iklan Chloe Roberts dengan sebuah papan iklan, dan menerima argumennya bahwa dia berhak dibayar untuk posting yang kemudian dia sembunyikan. Roberts adalah duta besar gimnasium dan kebugaran. Dia sering mengunggah foto makanan, berolahraga atau di pantai yang mana unggahannya itu bisa dihargai USD1.200.

Dikutip ABC, Kafe Camberwell hanya beriklan dengan menyewa influencer Instagram dan pemiliknya percaya bahwa Roberts akan membantunya menarik pelanggan.

"Halaman Instagram (Roberts) mempromosikan gambar orang muda, langsing, menarik, sehingga pemirsa halaman Instagram mudah-mudahan akan membentuk pandangan bahwa kafe adalah tempat yang asyik untuk dikunjungi," bunyi temuan VCAT.

Baca juga: Viral! Saldo Gopay Rp9 Jutaan Dibobol, Gara-gara Sebut OTP

Pemilik lama Con 'Costa' Katsogiannis tidak membantah kualitas Roberts dan setuju untuk menaikkan gajinya dari $ 200 menjadi $ 300 per pos setelah pengikutnya meningkat dari 80.000 menjadi 123.000. Tetapi ketika Roberts dan Katsogiannis bertemu untuk melunasi utangnya senilai $ 2.250, hubungan itu mulai meradang.

Pemilik Kafe Kesal 

Wakil presiden VCAT Ian Lulham merinci apa yang terjadi selanjutnya. Katsogiannis mencoba menghitung jumlah posting pada feed Instagram Roberts yang menggambarkan dirinya sedang berada di kafe, tetapi ia terkejut karena posting itu tidak ada. Pemilk kafe menuding Roberts sedang mencari celah bayaran lain. 

Menjawab tudingan itu, Roberts menegaskan bahwa ia mengarsipkan posting lamanya sehingga membuatnya tidak terlihat. Padahal postingan itu bisa muncul kembali.

Roberts juga berpendapat bahwa tindakannya itu demi kepentingan kedua belah pihak karena 90 persen gambar itu diambil pada minggu pertama. Bahwa akun instagramnya, terlihat tak menarik para follower.

Baca juga: Pemerintah Buka Kuota 100 Ribu CPNS di 2019, Catat Waktunya!

Pemilik kafe tidak membelinya, dengan mengatakan bahwa tulisan tersebut harus tetap "sampai klien secara tegas setuju bahwa gambar diarsipkan".

Setelah beberapa pertemuan sia-sia Ms Roberts menyatakan dia berhutang USD2.100. Chloe Roberts tersenyum mengenakan beanie dan jumper saat dia duduk di meja kafe di depan sejumlah besar makanan goreng.

Hapus Postingan

Pada hari Senin, Lulham mengatakan dia menemukan jasa dalam pernyataan Roberts bahwa "gambar baru dilihat lebih dari gambar lama" dan bahwa, secara umum, Katsogiannis tidak kehilangan nilai ketika posting lama diarsipkan.

Tetapi dia tidak bisa menentukan apakah influencer berhak menghapus posting kapan saja. Karena itu ia memerintahkan pemilik kafe membayar Roberts dua pertiga dari jumlah yang ia cari atau USD1.400 serta biaya pengarsipannya sebesar USD276.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More