Pantau Flash
Fakhri Husaini Bantah Pamit dari Timnas U-19
Bom Mobil Terjang Demonstrasi Anti Pemerintah di Irak, 4 Orang Tewas
Menangi Perang Saudara, Ginting ke Final Hong Kong Open 2019
Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2019: Quartararo Kalahkan Marquez
Polda Sumut Tetap 18 Tersangka dalam Serangan Bomber di Polrestabes Medan

Terima Sambungan Listrik Gratis, Warga Ini Manfaatkan Jualan Es Buah

Terima Sambungan Listrik Gratis, Warga Ini Manfaatkan Jualan Es Buah Rumah Nurhasanah yang sudah terpasang listrik (Foto: Kementerian ESDM)

Pantau.com - Di rumah berwarna hijau berukuran 5x4 meter persegi itu Nurhasanah (60 tahun) tinggal bersama anaknya Nurul Hadiah (18 tahun) dan sang Ibu, Jamiah (90 tahun). Sebagai tulang punggung keluarga, Nurhasanah berjualan sayuran keliling untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Usai jualan, ia membantu tetangga mengerjakan sawah mereka.

"Setiap pagi saya ke pasar, ambil dagangan, keliling kampung sampai adzan (Dhuhur). Istirahat sebentar, nanti ada tetangga panggil, jadi buruh di sawah," ungkap Nurhasanah menceritakan kesehariannya yang dikutip dari situs resmi esdm.go.id.

Baca juga: 11 Tahun 'Numpang', Warga Ini Girang Dapat Sambungan Listrik Gratis

Tinggal di Desa Gemel, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nurhasanah pada Agustus 2019, mendapatkan sambungan listrik gratis. Kini keseharian Nurhasanah sedikit berubah. Tak hanya menyalakan lampu, hadirnya sambungan listrik dimanfaatkan Nur untuk membuat es buah, setelah mendapat hibah sebuah kulkas dari saudaranya.

"Senang sekali sekarang bisa simpan sayuran lebih lama kalau belum laku. Alhamdulillah lagi sekarang bisa tambah-tambah buat es buah ini untuk dijual. Alhamdulillah," syukurnya berulang kali.

Sambungan listrik di rumah Nurhasanah merupakan bagian dari program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian ESDM (KESDM Peduli) melalui sambungan listrik gratis golongan tarif 450 VA sebagai salah satu upaya percepatan pencapaian rasio elektrifikasi di Indonesia. Rasio elektrifikasi di Provinsi NTB sendiri hingga Juli 2019 tercatat sebesar 98,24 persen.

Baca juga: Infografis 5 Tips Hemat Listrik Biar Nggak Beli Token Terus

Untuk sambungan listrik gratis yang bersumber dari sumbangan ASN Kementerian ESDM jumlahnya mencapai 1.396 rumah. Rinciannya, Lombok Barat 402 rumah, Lombok Timur 161 rumah, Lombok Tengah 406 rumah, Lombok Utara 30 rumah, Sumbawa 60 rumah, Sumbawa Barat 140 rumah, Bima 148 rumah dan Bima Kota 49 rumah. Selain sumbangan ASN, penyambungan listrik gratis bagi warga miskin di NTB didudukung pula Corporate Social Responsibility (CSR) PT. PLN (Persero), Sinergi BUMN dan Pemerintah Provinsi NTB dengan total penerima bantuan sebanyak 3.536 rumah tangga.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: