Forgot Password Register

Terkait Pembatasan Transaksi Tunai Rp 100 Juta, Ini Tanggapan Kementerian Koperasi dan UKM

Rupiah. (Foto: Pantau.com/ Fery Heryadi) Rupiah. (Foto: Pantau.com/ Fery Heryadi)

Pantau.com Pemerintah tengah menggodok undang-undang terkait pembatasan transaksi tunai di masyarakat dengan batasan maksimal Rp 100 juta. Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengatakan aturan tersebut harus disosialisasikan terlebih dahulu.

"Baru rencana. Belum tentu. Bukan berarti tidak setuju dengan cashless tapi bertahap, disosialisasikan dulu dicek dulu kesiapan dari masyarakat. Kita bertahap lah," ujarnya saat ditemui dalam pembukaan Ansor Fair 2018, Green Pramuka Square, Jakarta Pusat, Minggu (22/4/2018).

Baca Juga: BI Sebut Kenaikan Suku Bunga Akan 'Membunuh' Pertumbuhan Ekonomi

Komisi VI Ruang Lingkup Industri, Investasi dan Persaingan Usaha, Yaqut Cholil Qoumas menanggapi rencana aturan tersebut. Menurutnya masyarakat masih beradaptasi dengan pembatasan transaksi tersebut.

"Saya kira semua harus beradaptasi dengan lingkungan, kalau lingkungan cashless ya harus menyesuaikan. Karena tidak bisa dihindari semua harus berlatih," paparnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga menyatakan akan berkoordinasi langsung dengan Bank Indonesia dan Perbankan dalam pengawasan terhadap aturan batasan transaksi non tunai.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More