Forgot Password Register

Headlines

Terkuak! Segini Biaya yang Dikeluarkan Singapura Jadi Tuan Rumah Pertemuan Trump-Kim

Pertemuan Kim-Trump (Foto: Reuters/Jonathan Ernst) Pertemuan Kim-Trump (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Total biaya pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un selama ini menjadi misteri. Diduga Singapura sebagai tuan rumah harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyelenggarakan pertemuan bersejarah itu.

Protes pun bermunculan dari warga setempat yang mengecam dan beranggapan negeri singa itu hanya membuang-buang uang saja.

Baca juga: AS Godok UU Larangan Pengiriman Jet F-35, Turki Siap-siap Kecewa

Namun pada Minggu waktu setempat (24/6/2018), pemerintah Singapura akhirnya buka suara terkait total biaya pertemuan Trump-Kim. Singapura mengaku menghabiskan 16,3 juta dolar Singapura (144 miliar rupiah) untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak itu.

"Sebagian besar uang itu digunakan untuk keamanan," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Singapura.

Perdana Menteri Lee Hsien Loong sebelumnya memperkirakan acara itu menelan 20 juta dolar Singapura. Menteri luar Negeri Vivian Balakrishnan mengatakan itu termasuk biaya kamar hotel Kim.

Baca juga: Alasan Uni Eropa Perpanjang Sanksi Terhadap Rusia

Laporan itu memicu kemarahan beberapa warga Singapura di media sosial, meskipun ada beberapa yang pro dengan mengatakan biaya itu termasuk kecil dan sebagai iuran untuk perdamaian kawasan.

Trump dan Kim menghabiskan menghabiskan tiga hari di Singapura untuk temu puncak pada 12 Juni lalu. Dalam pertemuan itu, keduanya berjanji mengakhiri kegiatan nuklir Korea Utara dan meningkatkan hubungan ke arah yang lebih baik.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More