Forgot Password Register

Ternyata, 5 Hal yang Sering Dilakukan Penumpang Pesawat Ini Berbahaya

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Bagi traveler menempuh perjalaan udara dengan menggunakan peswat sudah menjadi rutinitas mungkin. Namun meski sudah berulang kali menjadi penumpang pesawat, banyak orang melakukan kebiasaan yang bisa berdampak buruk 

Berikut ini adalah 5 hal berbahaya yang sering dilakukan penumpang pesawat seperti dilansir dari Ourtripguide.com.

1. Duduk selama perjalanan

Ketika menjalani penerbangan panjang, tetap duduk selama perjalanan tentunya bukan sebuah ide yang baik. Kebiasaan ini ternyata sangatlah berbahaya karena dapat mengembangkan gumpalan darah. Tekanan udara yang rendah di kabin dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi lambat.

Baca juga: Jangan Salah 5 Makanan Vegan Ini Ternyata Tidak Sehat Lho...

Kondisi itu berisiko meningkatkan kemungkinan gumpalan darah mengembang dan dengan mudah berpindah ke paru-paru, otak dan jantung.

Bergeraklah sesering mungkin selama dalam perjalanan di atas pesawat, atau bisa juga dengan cara lainnya yakni mengubah posisi duduk dan menggerak-gerakan kaki.

2. Memilih kursi dekat jendela

Kursi dekat jendela memang kerap menjadi favorit penumpang peswat. Duduk dekat jendela membuat penumpang bisa menikmati panorama indah dari atas pesawat.

Namun, dikutip dari Men's Health, duduk di dekat jendela selama lebih dari 6 jam perjalanan berisiko mengalami bahaya besar. Kemungkinan terkena trombosit vena dan pembekuan dara sangatlah besar dari pada penumpang yang duduk jauh dari jendela.

Penumpang yang duduk dekat jendela tidak memungkinkan untuk bisa bebas bergerak. Mereka cenderung akan terus duduk selama perjalanan. Sementara bergerak saat dalam perjalanan di atas pesawat sangat penting untuk menjaga darah agar tetap mengalir.

3. Mengaktifkan telepon

Sebelum pesawat lepas landas, biasanya para awak kabin selalu mengintruksikan agar penumpang mematikan ponselnya masing-masing selama didalam pesawat.

Ponsel disinyalir akan mengganggu jaringan dan peralatan yang digunakan pilot. Hal itu membuat pilot kesulitan dalam mengendalikan pesawat.

4. Kurang minum

Tak hanya saat dalam pesawat, kurang minum memang suatu hal yang buruk yang patut dihindari. Ketika saat melakukan perjalanan dalam pesawat, kurang minum bisa menyebabkan pembekuan darah.

Baca juga: Dosen UBAYA Ciptakan Es Krim Kulit Pisang yang Kaya Manfaat

Hindari mengonsumsi alkohol, teh atau kopi karena bisa meningkatkan dehidrasi. Lebih banyaklah untuk minum air putih.

5. Mengonsumsi makanan yang telah jatuh baki meja

Meja lipat yang biasanya terdapat flam pesawat serupakan salah satu enda yang sangat kotor. Meja itu penuh dengan bakter berbahaya seperti E Coli, yang merugikan kesehatan.

Saat kondisi tubuhmu kurang fit maka akan mudah terserang penyakit. Meja nampan biasanya tidak dibersihkan secara teratur, sementara tak jarang orang mengganti popok anaknya diatas meja itu.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More