Pantau Flash
7 Tahun Digarap, PLTA Rajamandala akan Pasok Kelistrikan Jawa-Bali
Hendra Pastikan Indonesia Open 2019 Bukan Kompetisi Terakhirnya
Harga Cabai Tembus Rp70.553 per Kg Setara Setengah Kg Daging Sapi
Persija Siap Beri Kekalahan Pertama untuk Tira Persikabo
DPR Terima Surat Pertimbangan Pemberian Amnesti Baiq Nuril

Ternyata Ada Buah yang Pantang Dikonsumsi Saat Buka Puasa

Ternyata Ada Buah yang Pantang Dikonsumsi Saat Buka Puasa Jeruk (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Buah dan sayur memang baik untuk tubuh, tapi faktanyanya ada beberapa buah yang disarankan tidak dikonsumsi saat berbuka puasa, termasuk buah-buahan yang asam.

Baca juga: 5 Makanan Ini Baik untuk Menjaga Kesehatan Otak

"Sebenarnya kalau buat yang sakit magh buah (jangan) yang terlalu asam kali ya, tapi kalau biasa aja (sehat), harusnya oke sih," ujar Astri Kurniati, Head of Nutrifood Research Centre dalam acara Buka Puasa Sehat Nutrifood di Menteng, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2019).

Jikapun tetap 'kekeuh' dan ingin mengonsumsi makanan asam, Astri menyarankan untuk lebih dulu mengisi perut dengan makanan berat, sehingga keasaman buah tidak menyerang langsung lambung.

"Misalnya kita makan dulu jadi perut enggak benar-benar kosong, udah makan malem, baru kita makan buah yang tadi, kalau enggak sih buah-buah yang netral kaya semangka, itu harusnya oke sih," tuturnya. 

Lemon dan nanas merupakan buah yang menurut Astri harus dipertimbangkan jika dikonsumsi pada saat berbuka. Kendati demikian ia tidak menampik jika ada beberapa orang yang sudah terbiasa mengonsumi buah tersebut dan tidak mengalami masalah.

"Kalau sehari-hari enggak apa-apa sama buah itu mungkin enggak apa-apa, kalau dia udah berasa dia enggak bisa pas perut kosong makan nanas, ya jangan dilakukan," imbuhnya.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari, Bisa Turunkan Berat Badan Lho!

Sementara itu buah yang manis juga tidak sembarangan dimakan saat buka puasa, sekadarnya dan seperlunya tidak berlebihan.

"Mangga, jeruk (buah kandungan gula tinggi) paling makan sesuai porsi aja, makan satu mangkok kecil, itu masih oke kok," tutupnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Reporter
Dini Afrianti Efendi
Category
Ragam

Berita Terkait: