Pantau Flash
Indonesia Alami 3271 Kali Bencana Alam Selama Tahun 2019
Gali Septic Tank, Buruh Bangunan di Papua Temukan Ratusan Amunisi Artileri
Catat! Ada Denda Rp300 Ribu Jika Anda ‘Ngasal’ Kendarai GrabWheels
LAN: 37 Persen ASN Punya Latar Belakang Pendidikan Tak Sesuai Kompetensi
Saddil Ramdani Pamit dari Pahang FA

Ternyata Ini Penyebab Wanita Kerap Ungkit Masa Lalu saat Bertengkar

Ternyata Ini Penyebab Wanita Kerap Ungkit Masa Lalu saat Bertengkar Ilustrasi kekasih bertengkar (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kebiasaan mengungkit kesalahan masa lalu biasa dilakukan perempuan saat bertengkar dengan kekasihnya. Ternyata hal tersebut tidak serta merta terjadi. Bahkan ada penelitian yang coba mengungkap hal tersebut. Penelitian itu dilakukan psikolog Martin Asperholm bersama Karolinska Institutet Sweden.

Melansir dari Daily Mail, penelitian itu menganalisis 617 studi dengan tema serupa yang dikumpulkan dalam kurun waktu 1973-2013.

Baca juga: Habis Bertengkar? Ini 5 Cara Berbaikan dengan Pasanganmu

Apa Penyebab Wanita Kerap Ungkit Masa Lalu Saat Bertengkar?

Hasilnya, wanita lebih unggul dalam mengingat percakapan atau sesuatu yang telah lama hilang. Salah satu penyebabnya karena kemampuan otak untuk mengingat peristiwa secara runut dan detail. Kemampuan itu disebut memori episodik.

"Riset menunjukkan wanita punya kelebihan dalam memori episodik. Kelebihan itu bervariasi, tergantung dari hal apa saja yang diingat," kata Asperholm.

Karena kemampuan memori episodik itu, tak heran jika perempuan selalu mengingat banyak hal hingga yang terkecil sekalipun. Hal itu pula yang membuat wanita kerap mengungkit kesalahan pasangan di masa lalu saat bertengkar.

Baca juga: Video 5 Tanda Kamu dan Kekasihmu adalah Jodoh!

Riset juga mengindikasikan bahwa wanita memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengingat wajah dan  mengembalikan memori yang berhubungan dengan indera, seperti aroma.

Meski begitu, laki-laki juga memiliki kelebihan dalam hal ingatan. Penelitian itu menyebutkan bahwa laki-laki unggul dalam hal mengingat letak ruang atau lokasi tertentu.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam

Berita Terkait: