Forgot Password Register

Ternyata Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Adalah Kebiasaan Kotor

Ternyata Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Adalah Kebiasaan Kotor Ilustrasi daging ayam. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kebanyakan ibu di negara Asia, khususnya di Indonesia sering mencuci daging ayam setelah dibeli dari pasar sebelum disimpan ke dalam kulkas atau langsung dimasak. Nyatanya, kebiasaan itu salah karena akan semakin banyak terkontaminasi bakteri, baik untuk si pencuci ataupun kondisi daging ayam.

"Jangan mencuci daging mentah. Mencuci daging memercikkan bakteri ke tangan, pakaian, peralatan, dan meja kerja Anda. Memasaknya dengan baik akan efektif membunuh semua bakteri yang ada," ungkap juru bicara Otoritas Makanan Inggris mengutip laman Metro, Jumat (15/3/2019).

Ayam mentah disebut dapat membawa bakteri campylobacter penyebab sakit perut, diare parah, hingga muntah-muntah selama dua hingga lima hari.

Memang tidak mudah mengadopsi pemikiran FSA, karena tidak dipungkiri kebiasaan mencuci ayam sebelum dimakan sudah menjadi budaya yang kuat melekat, dan hampir dilakukan rumah tangga di seluruh dunia.

Pengakuan yang sama juga diungkap blogger dan juru masak Halima Khatun yang mengatakan selalu mencuci ayam sebelum dimasak seperti yang dilakukan seluruh keluarga besarnya. Ia merasa apa yang ia masak tidak bersih jika sebelumnya tidak dicuci terlebih dahulu.

"Salah satu alasannya ialah ketika saya membeli ayam utuh dan dipotong menjadi kecil, potongan tulang-tulang kecil sering tersangkut, sehingga kegiatan mencuci lebih mudah untuk menyingkirkannya," ujar Halima.

Baca juga: Penyakit Mematikan Ini Siap Menyerang Jika Menyepelekan Mencuci Tangan

Senada dengan Halima, Abbas juga sangat paham memasak daging dengan cara direbus jadi cara jitu untuk memusnahkan bakteri. Tapi saat daging ayam dalam keadaan berlendir setelah dipotong, ia lebih dulu mencucinya. Yang berbeda, ia mencuci dengan tambahan cuka, meski sadar itu tidak berefek banyak.

Kepala Koki Mill & Brew, Mill Hill, London Utara mengungkap bagaimana air ledeng memperpendek jangka waktu simpan daging ayam.

"Menariknya, meski di Inggris biasa tidak mencuci ayam, tapi mencuci adalah kebiasaan masyarakat Afro-Karibia yang mencuci ayam dengan campuran air, lemon, jeruk nipis, atau cuka. Saya memiliki perdebatan panjang dengan teman-teman saya, meski ada sedikit kesamaan," tuturnya.

Baca juga: Ternyata Ada Cara yang Lebih Sehat Dibanding Mencuci Tangan

Terakhir ia mengatakan, jika tetap mencuci ayam sebelum memasak disarankan untuk menggunakan metode brining, yakni daging direndam air campuran garam, gula, dan rempah-rempah. Setelah itu, ditambahkan jus lemon dan cuka, sehingga akan menambah cita rasa ayam.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More