Forgot Password Register

Tersandung Bocornya Data Pengguna, Facebook Malah Untung Besar

Facebook (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi) Facebook (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Kasus bocornya 8,7 juta data pengguna Facebook yang dimanfaatkan oleh Cambridge Analytica, tak bisa membendung meningkatnya pendapatan media sosial tersebut.

Dilaporkan pada Rabu 25 April 2018, harga saham Facebook Inc meningkat dan lonjakan labanya mencapai 63 persen. Bahkan, jumlah penggunanya pun ikut meningkat.

Baca juga: Facebook Minta Maaf Gagal Jaga Data Pribadi Pengguna Indonesia

"Semua orang terus membicarakan hal buruk tentang Facebook. Namun, laporan pendapatan ini bagi saya sangat positif dan menegaskan bahwa Facebook baik-baik saja dan akan melewati hal ini," kata Daniel Morgan, manajer portofolio senior di perusahaan Sunovus Trust Company, yang memegang 73.000 saham Facebook.

Sepanjang Kuartal I 2018 dibanding periode yang sama setahun sebelumnya, Facebook berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan 49 persen dan peningkatan keuntungan sebanyak 63 persen meski pengeluaran mereka turut bertambah 39 persen. 

Selain itu, pengguna aktif bulanannya di seluruh dunia meningkat ke angka 2,2 miliar, atau tumbuh 13 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: DPR Panggil Facebook Cecar Soal Dampak Bocornya Data 1 Juta Pengguna Indonesia

Data ini merupakan kabar baik bagi jaringan media sosial terbesar di dunia itu, terutama di tengah pemberitaan negatif media terkait kesalahan penanganan informasi pribadi pengguna, peran mereka dalam pemilihan umum, dan pengaruh Facebook dalam memperparah konflik kekerasan di negara-negara berkembang.

Facebook, yang memperoleh pendapatan utama dari iklan yang personal, sering menunjukkan ketangguhan model bisnis mereka selama para pengguna tetap kembali ke beranda Facebook dan menonton video-video di dalamnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More