Forgot Password Register

Tim Gabungan Tes Kesehatan Targetkan Hasil Tes Selesai Dalam 2 Hari

Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin di RSPAD Gatot Subroto  (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah) Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin di RSPAD Gatot Subroto (Foto: Pantau.com/Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Tim gabungan IDI dan Dokter RSPAD Gatot Soebroto yang melakukan tes kesehatan terhadap bakal capres dan cawapres yang mengikuti Pilpres 2019. Setelah melakukan pemeriksaan terhadap bakal capres dan cawapres tim akan menyerahkan hasil kerjanya ke KPU RI paling lambat 2 hari setelah tes kesehatan dilakukan.

Hal itu disampaikan tim gabungan IDI dan Dokter RSPAD saat menggelar konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018).

"Hasil pemeriksaan sendiri paling lambat harus disampaikan kepada KPU RI, dua hari setelah pemeriksaan selesai dilakukan. Namun tim berkomitmen untuk sesegera mungkin menyerahkan kepada KPU setelah melalui rapat pleno tim," ucap Ketua PB IDI Ilham Oetama Marsis.

Baca juga: Gunakan Alat Standar Tinggi di Tes Kesehatan Capres-Cawapres, Ini Penjelasan Dokter Terawan

Hanya saja, katanya, tim pengecek ini tak berhak mengumumkan hasil tes kesehatan dari pasangan capres-cawapres. Menurutnya, ia dan tim yang bertugas hanya berkewajiban memberikan hasil pengecekan kesehatan ke KPU dan pasangan capres dan cawapres.

"Hasil ini tentunya medical check record akan kami serahkan langsung ke KPU dan kepada kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden," tuturnya.

Sementara itu, tim gabungan IDI dan Dokter RSPAD mengatakan, dalam tes kesehatan Pilpres 2019 kali ini menggunakan alat canggih dan berstandar tinggi.

"Pemeriksaan dari tahun sebelumnya dengan saat ini prinsipnya sudah lebih baik lagi, tetapi memang menggunakan dengan peralatan yang lebih canggih," ucap Tim Pelaksana Tes Kesehatan Pilpres 2019, Dokter Astroniyas Bakti Awusi.

Alat canggih itu nantinya akan digunakan untuk proses pemeriksaan kesehatan jika ada pendalaman pemeriksaan terhadap pasangan capres dan cawapres.

Baca juga: Pantau Grafis: Peta Kekuatan Koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga

"Pemeriksaannya sama tapi apabila ada sesuatu yang butuh pendalaman, maka kita akan menggunakan fasilitas dan peralatan rumah sakit yang canggih," tungkasnya.

Untuk diketahui sesuai peraturan KPU No. 22 tahun 2018 tes kesehatan ini dilakukan sebagai syarat rangkaian mengikuti kontestasi Pilpres 2019. Untuk sesi tes kesehatan hari pertama diikuti oleh bakal pasangan capres dan cawapres Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Sementara untuk pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno akan mengikuti tes hari ke dua. Untuk proses tes kesehatan ini sendiri akan memakan waktu 9 sampai dengan 12 jam.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More