Forgot Password Register

Headlines

Tim Indonesia Diminta Tiru Spirit Susy Susanti di Piala Sudirman 1989

Tim Indonesia Diminta Tiru Spirit Susy Susanti di Piala Sudirman 1989 Tim Bulutangkis Indonesia yang akan tampil di Piala Sudirman 2019. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)

Pantau.com - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PP PBSI) Wiranto memberikan wejangan khusus kepada atlet Indonesia yang akan berlaga di ajang Piala Sudirman 2019. Dia meminta, Mohammad Ahsan dan kawan-kawan meniru semangat juang yang ditunjukkan Susy Susanti saat berlaga di ajang Piala Sudirman 1989. 

Wiranto bercerita, Indonesia yang saat itu tertinggal 0-2 dari Korea Selatan pada partai final memutuskan untuk menurunkan Susy Susanti pada partai ketiga. Sayangnya, istri dari Alan Budikusuma itu sempat kehilangan set pertama dengan skor 10-12 dari Lee Young-Suk. 

Beban Susy terasa semakin berat setelah Lee Young-Suk memimpin jauh 10-4 pada gim kedua. Meski Korea Selatan hanya membutuhkan satu poin lagi untuk memastikan gelar juara, nyatanya Susy belum mau menyerah. 

Baca juga: PBSI Lepas Tim Piala Sudirman 2019

Perlahan namun pasti, dia mampu mengejar perolehan poin Lee Young-Suk sebelum akhirnya merebut gim kedua dengan 12-10. Di gim penentuan, Susy pun mengamuk dengan melibas Lee Young-Suk dengan skor akhir 11-0. 

Kemenangan Susy itu ternyata menjadi pelecut semangat tersendiri bagi pasukan Indonesia. Bermain di Istora Senayan, tim Indonesia saat itu akhirnya mampu membalikkan keadaan dan meraih kemenangan dengan kedudukan 3-2. 

Tunggal putra Eddy Kurniawan yang turun pada partai keempat sukses mengalahkan Sun Han-Kok dua set langsung 15-4, dan 15-3. Sedangkan ganda campuran Eddy Hartono/Verawaty Fajrin mampu menjadi penentu gelar juara setelah mengempaskan Joo Bong/Chung Soo-young 18-13 dan 15-3

"Saat itu, Susy Susanti sebagai single penentu bisa main dengan kesetanan sehingga skor yang seharusnya dia kalah, bisa dibalikkan menjadi menang. Ini bukan hanya soal teknis, tapi juga mental," kata Wiranto setelah melepas Tim Piala Sudirman Indonesia di Hotel Century, Jakarta, Sabtu (11/5/2019). 

Baca juga: Video Pelepasan Tim Piala Sudirman Indonesia oleh Ketua Umum PP PBSI

"Makannya tadi saya sampaikan supaya para pemain kita di Piala Sudirman ini bisa punya mental seperti Susy Susanti di tahun itu. Karena sekarang persaingan lebih berat lagi," dia menambahkan. 

Wiranto pun mengaku sangat rindu untuk bisa kembali mengangkat trofi di kejuaraan beregu. Oleh karena itu, gelaran Piala Sudirman 2019 diharapkan bisa menjadi pelepas dahaga. 

"Kalau di turnamen individu sudah bagus. Tinggal kita memperbanyak pemain sehingga beregu kita juga bisa menang baik itu di Thomas Cup, Uber Cup, maupun Piala Sudirman," pungkasnya. 


Share :
Komentar :

Terkait

Read More