Pantau Flash
Seniman Djaduk Ferianto Meninggal Dunia
Boeing Klaim 737 MAX Kembali Layani Penerbangan Komersil Januari Mendatang
PAN: Kami Dukung Amandemen Terbatas UUD
Dovizioso Akui Berat Rebut Gelar Juara Tim MotoGP 2019
DPD RI Sebut Pilkada Bisa Kembali Dipilih oleh DPRD

Timnas U-16 Indonesia Lumat Brunei 8-0 di Kualifikasi Piala Asia U-16

Headline
Timnas U-16 Indonesia Lumat Brunei 8-0 di Kualifikasi Piala Asia U-16 Timnas Indonesia U-16. (Foto: Antaranews)

Pantau.com - Timnas U-16 Indonesia sukses menang telak ketika menghadapi Brunei Darussalam dalam laga grup G Kualifikasi Piala Asia U-16, Jumat (20/9/2019). Tim arahan Bima Sakti itu menang dengan skor 8-0.

Adapun pencetak gol di babak pertama yakni penalti Ahmad Athallah Araihan pada menit 15  dan Aditya Daffa menit 43. Namun, usai turun minum, kembali Indonesia menambah pundi golnya sebanyak enam gol.

Dalam laga kali ini, pelatih tim nasional U-16 Indonesia, Bima Sakti tetap mengandalkan Marselino Ferdinan dan Ahmad Athallah Araihan. Marselino dan Athallah merupakan pencetak gol terbanyak skuat berjuluk Garuda Asia dengan masing-masing telah membuat enam dan lima gol di Grup G.

Sementara, Brunei Darussalam menurunkan pencetak tiga gol di Grup G Idzzaham Aleshahmezan. Indonesia mengurung Brunei Darussalam sejak menit pertama baru bisa mencetak gol di menit ke-15 melalui tendangan penalti Ahmad Athallah Araihan.

Penalti diberikan wasit Abdullah Ali Al-Marri dari Qatar setelah Ruy Arianto dijatuhkan pemain Brunei di dalam kotak terlarang. Setelah itu, Indonesia semakin gencar menyerang dan hampir saja menggandakan kedudukan andai tendangan Aditiya Daffa tidak menerpa mistar gawang.

Gol kedua baru benar-benar datang untuk Indonesia setelah Aditiya menyundul masuk umpan sepak pojok Ruy Arianto di menit ke-43. Tidak ada gol lain tercipta setelahnya. Skor 2-0 bertahan sampai laga memasuki masa jeda. Usai turun minum, Indonesia menambah keunggulan di menit ke-46. Marselino Ferdinan memperbesar keunggulan lewat penalti, usai dirinya dilanggar Muhamad Aqil Ikhwan, Indonesia unggul 3-0.

Indonesia kembali bisa menambah gol lagi di menit ke-61. Faizal Shaifullah, yang masuk menggantikan Raka Cahyana sejak babak pertama, turut menjebol gawang Brunei dengan memanfaatkan umpan Marselino dari sisi kiri. Skor berubah menjadi 4-0.

Dua menit berselang, Marselino kembali berperan dalam proses gol kelima Indonesia. Ia mengirim umpan terobosan, yang bisa diselesaikan dengan baik oleh Ruy Arianto. Kedudukan kini 5-0 untuk keunggulan Indonesia. Pesta gol Indonesia berlanjut di menit ke-68. Faizal Shaifullah mencetak gol keduanya, atau gol keenam Indonesia, memanfaatkan sodoran Raihan di depan gawang Brunei.

Pada menit ke-73, Indonesia hampir mencetak gol ketujuhnya. Raihan melepaskan crossing dari sisi kanan dan bisa ditanduk Marselino, namun bolanya bisa ditepis kiper Brunei MD Azali Waliuddin. Tekanan Indonesia tak berhenti. Di menit ke-83, Ruy Arianto mencetak gol lagi untuk Indonesia lewat sundulan, memanfaatkan umpan Faizal Shaifullah dari sisi kanan. Skor menjadi 7-0.

Empat menit berselang, gol kedelapan bisa dilesakkan Indonesia. Umpan Valeroen, yang menggantikan Raihan, bisa diselesaikan menjadi gol oleh Aditya Daffa di mulut gawang. Skor bertahan hingga laga bubar. Kemenangan ini praktis membuat Indonesia membuntuti China di Grup G, dengan sama-sama mengoleksi 9 poin. Namun, tim arahan Bima Sakti kalah produktivitas gol. Adapun Brunei berada di peringkat 4 dengan 3 poin. Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi China di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Minggu 22 September 2019.

Susunan  Pemain:

Timnas U-16 Indonesia: I Made Putra Kaicen-pg, Alfin Lestaluhu, Kadek Arel Priyatna, Alexandro Kamuru, Resa Aditya, Ruy Arianto, Dimas Pamungkas, Marselino Ferdinan, Raka Cahyana Rizky (26', Mochamad Faizal Shaifullah), Aditya Daffa Al Haqi, Ahmad Athallah Araihan (kapten).

Timnas U-16 Brunei Darussalam: Md Azali Waliuddin-pg, Muhamad Aqil Ikhwan, Mohamad Nazri Aiman (kapten), Muhamad Wafiq Danish, Abdul Hafiy Herman, Muhd. Ali Munawwar, Muhd. Danisyh Syariee, Md. Syaherrul Affendy, Md. Idzzaham, Md. Danial Hariz, Muhammad Syahmi Ikhwan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - RZS
Category
Olahraga

Berita Terkait: