Forgot Password Register

Tingkatkan Pelayananan Masyarakat, Ombudsman Indonesia-Thailand Tandatangani MoU

Tingkatkan Pelayananan Masyarakat, Ombudsman Indonesia-Thailand Tandatangani MoU Bendera Thailand. (Foto: Reuters/Athit Perawongmetha)

Pantau.com - Ketua Komisi Ombudsman Indonesia Amzulian Rifai dan Ketua Ombudsman Thailand Viddhavat Rajatanun menandatangani nota kesepahaman kerja sama antarlembaga Ombudsman kedua negara itu untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan di Bangkok, Thailand pada Rabu. Nota tersebut adalah perpanjangan dari yang ditandatangani pada 2015, kata keterangan tertulis KBRI Bangkok, yang diterima di Jakarta pada Jumat (12/10/2018).

Melalui penandatanganan nota kesepahaman itu, kedua Ombudsman sepakat menciptakan dan memperkuat kerja sama dalam meningkatkan pranata penanganan pengaduan dan bertukar pengalaman, bekerja sama dalam bidang berkaitan dengan kepentingan bersama, serta menyelesaikan mala-administrasi dalam pelayanan umum, yang dialami warga negara salah satu pihak, yang berada di wilayah negara pihak lain.

Baca juga: Simpati ASEAN untuk Sulteng Menggema di ALg

Menurut Ketua Ombudsman Thailand Viddhavat Rajatanun, melalui nota kesepahaman 2015, berbagai kegiatan kerja sama telah dilaksanakan, seperti, berbagi pengalaman dan pertukaran informasi. Untuk itu, dia menilai kerja sama itu perlu dilanjutkan.

Sementara itu, Ketua Komisi Ombudsman RI Amzulian menyampaikan dukungan bagi pembentukan Forum Ombudsman ASEAN guna meningkatkan pelayanan bagi warga ASEAN.

Baca juga: Keyakinan Videografer Inggris Temukan MH370 di Hutan Kamboja

Indonesia dan Thailand beserta negara ASEAN, yang memiliki komisi ombudsman, bisa memrakarsai kerja sama dengan mimbar Masyarakat ASEAN, yang terdiri atas tiga pilar, yaitu pilar Politik dan Keamanan, Ekonomi, dan Sosial Budaya.

Kunjungan Komisi Ombudsman Indonesia ke Thailand berlangsung sejak 10 Oktober hingga 12 Oktober 2018. Dalam kunjungan itu, selain menandatangani nota kesepahaman, Ombudsman Indonesia dan Thailand melangsungkan pembahasan penanganan pengaduan masyarakat, seperti, penanganan masalah pencemaran udara.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More