Pantau Flash
MUI Akan Gelar Ijtima 3000 Ulama di Bogor
BWF World Tour Finals 2019: The Daddies Raih Gelar Juara
BWF World Tour Finals 2019: Ginting Raih Runner-up
Tol Jakarta-Cikampek II Dibuka Minggu Pagi
Tekuk Chen Long, Anthony Ginting Tembus Final BWF World Tour Finals 2019

Tips Membuat Video Keren Menggunakan Smartphone dari Jay Subyakto

Tips Membuat Video Keren Menggunakan Smartphone dari Jay Subyakto Jay Subyakto (Foto: Instagram)

Pantau.com - Sutradara dan penata artistik Jay Subyakto membagikan sejumlah kiat membuat video 'super steady' alias tidak goyang meski hanya menggunakan smartphone.

Baca juga: Begini Trik Fotografi Menggunakan Ponsel dengan Hasil Ciamik

Di acara workshop Samsung Galaxy S10 di Bursa, Turki, beberapa waktu lalu, Jay menjelaskan setidaknya ada lima hal yang harus diperhatikan untuk menghasilkan video yang bagus.

1. Smartphone yang tepat

Pertama, Jay mengatakan pemilihan smartphone yang tepat jadi kunci utama dalam pembuatan video dengan kualitas yang baik.

"Untuk mendapatkan footage yang baik dan layak untuk menjalani proses editing, pilih smartphone dengan kemampuan merekam baik," kata Jay.

2. Tangan pengganti tripod

Perlakukan tangan layaknya tripod. Teknik ini dapat mengurangi guncangan saat merekam video.

3. Landscape

Hasil rekaman akan terasa lebih utuh saat kita menggunakan formar landscape saat merekam video menggunakan ponsel pintar.

4. Padukan teknik pengambilan gambar

Untuk menambah efek sinematik, kita dapat memanfaatkan sejumlah teknik pengambilan gambar saat sedang melakukan merekam menggunakan smartphone seperti teknik tilt, slide dan panning.

"Teknik tilt adalah menggunakan tangan sebagai tumpuan untuk kemudian menggerakkan smartphone ke atas atau ke bawah. Kalau teknik slide sama seperti tilt, teknik ini juga menggunakan tangan sebagai tumpuan, kemudian menggerakkan samrtphone ke kanan dan ke kiri," katanya.

Sementara teknik panning dilakukan dnegan cara menjadikan badan sebagai tumpuan, dapat dilakukan dengan gerakan vertikal atau horisontal.

5. Perhatikan angle

Sudut pandang alias angle sangat penting dalam teknik pengambilan video. 

"Rencanakan untuk mencipta sesuatu yang tidak konvensional, bila objek rekam sama maka pikirkan bagian dari hasil karya yang mampu mendapat perhatian penonton," kata Djay.

Baca juga: Tak Perlu Teknis, Fotografer yang Baik Hanya Butuh Senang

Selain itu, ciptakan karya yang orisinal dan tidak biasa.

"Selipkan unsur budaya dan cerita dari video atau film yang hendak dibuat. Ambil beberapa foto untuk dijahit ke dalam video yang dapat menonjolkan budaya yang ingin dijadikan primadona. Jadikan video lebih bermakna dengan isi yang mengedukasi dan memberikan wawasan baru," jelasnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: