Forgot Password Register

Tolak Outsourcing dan Cabut PP 78 Masih Jadi Tuntutan Utama Buruh

Tolak Outsourcing dan Cabut PP 78 Masih Jadi Tuntutan Utama Buruh Massa buruh di Jalan Imam Bonjol Jakarta, Selasa (1/5/2018). (Foto: Pantau.com/Sahat Amos Dio)

Pantau.com - Beberapa organisasi serikat buruh ikut merayakan Hari Buruh sedunia May Day, yang tergabung dalam satu kesatuan.

"Terdiri dari empat Konfederasi yaitu SGBN (Sentra Gerakan Buruh Nasional), KASBI (Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia), KSN (Konfederasi Serikat Nasional), KPBI (Konfederasi Perjuangan Buruh Indonesia) ditambah dengan sektor buruh lainnya.  Empat Konfederasi ini tergabung dalam GEBRAK (Gerakan Buruh Untuk Rakyat) yang terdiri dari 30ribu orang," kata Korlap SGBN Didin kepada Pantau.com di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat,  Selasa (1/5/2018). 

Baca juga: Massa Buruh Padati Imam Bonjol, Lalin ke Bundaran HI Ditutup

Pengamatan Pantau.com di lokasi, massa masih menyuarakan beberapa tuntutannya sebelum bergerak ke Istana Negara. Hilangkan outsourcing masih menjadi poin utama.

"Dalam aksi ini tidak hanya terdiri dari buruh Jabodetabek, tetapi ada juga yang dari Karawang dan Cilegon. Tuntutan utama cabut kontrak dan outsourcing, kemudian PP 78 karena itu menghambat pengupahan bagi buruh itu sendiri. Kemudian kedok program magang. Tolak kriminalisasi kepada aktivis buruh, tingkatkan kesetaraan dan perlindungan bagi kaum buruh perempuan," paparnya.

Baca juga: Ini Rekayasa Lalu Lintas Terkait Aksi May Day 2018

Lebih lanjut Didin menyampaikan bahwa pihaknya tetap melakukan demonstrasi sesuai aturan hukum yang berlaku. Ia pun berjanji akan tertib.

"Yang pasti dalam aksi ini kita tidak melakukan pelanggaran," ujarnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More