Forgot Password Register

Total 12 Anak dan Satu Pelatih Berhasil Dievakuasi dari Gua Tham Luang

Evakuasi anak-anak terjebak di Gua Tham Luang Thailand. (Foto: Reuters) Evakuasi anak-anak terjebak di Gua Tham Luang Thailand. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Semua 12 anak laki-laki dan pelatih mereka yang terperangkap di Gua Tham Luang Thailand berhasil di evakuasi ke luar dengan selamat. Sebelumnya 8 anak yang terperangkap lebih dulu dikeluarkan.

The SEAL Thailand dan penyelam asing terakhir mengeluarkan 4 anak laki-laki di tambah dengan pelatih sepakbola berusia 25 tahun.

"Semua 12 'Wild Boars' dan pelatih telah diambil dari gua. Semua aman," bunyi keterangan SEAL Thailand yang dilansir dari AFP, Selasa (10/7/2018).

Baca juga: 5 Anak Masih Terjebak di Gua Tham Luang Thailand

12 anak laki-laki itu berusia 11 hingga 16 tahun pergi ke Gua Tham Luang di Thailand Utara bersama pelatih mereka. Hingga akhirnya terperangkap di dalam gua setelah banjir melanda. 

Mereka menghabiskan sembilan hari yang mengerikan terjebak dalam kegelapan sampai dua penyelam Inggris menemukan mereka.

Namun euforia awal ketika menemukan mereka hilang ketika pihak berwenang berjuang untuk menyusun rencana aman untuk mengeluarkan mereka. Dengan kadar oksigen dan hujan monsoon yang mengancam akan berbahaya untuk menyelamatkan korban.

Rute penyelematan merupakan tantangan bagi penyelam yang berpengalaman. Anak-anak lelaki tidak memiliki pengalaman menyelam sebelumnya sehingga tim penyelamat telah melatih mereka cara menggunakan masker dan bernapas di bawah air melalui tangki oksigen.

Baca juga: Ngakak! Detik-detik Raja Singa Hilang Keseimbangan dan...

Salah satu ketakutan adalah bahwa mereka akan panik ketika mencoba berenang di bawah air, bahkan dengan penyelam yang mengawal mereka.

Kematian seorang mantan penyelam Angkatan Laut Thailand yang melarikan diri dari oksigen di sebuah area banjir di gua pada Jumat menggarisbawahi bahaya dari rute pelarian.

Pasang surut dari tawaran penyelamatan memikat Thailand dan juga memantapkan khalayak global, menarik dukungan dari selebriti beragam seperti Presiden AS Donald Trump, bintang sepak bola Lionel Messi dan guru teknologi Elon Musk.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More