Forgot Password Register

Transaksi QR Payment, Bagaimana Cara Penggunaanya?

Ilustrasi QR Payment (Foto:Pixabay) Ilustrasi QR Payment (Foto:Pixabay)

Pantau.com - Jika selama ini kita sudah kerap mendengar dompet digital (e-wallet) atau ada juga istilah uang elektronik (e-money) rupanya sejumlah pembayaran baru dengan sistem digital terus berkembang.

Salah satunya yakni sistem pembayaran dengan teknologi QR Code (Quick Response Code) atau QR Payment. Istilah itu tentunya sudah sering bereliweran ditelinga kita. Rupanya sistem pembayaran ini sudah dimendapat lampu hijau dari Bank Indonesia dalam menerapkan sistem pembayaran National Payment Gateway (NPG/gerbang pembayaran nasional).

Baca juga: Catat! Ini Event Belanja Ramadan yang Bikin Mupeng

Buat anda yang tertarik menggunakan sistem pembayaran dengan QR Payment, kalian harus memiliki smartphone. Anda harus mengunduh aplikasi e-wallet selanjutnya anda bisa mengisi saldo melalui ATM atau layanan bank.

Jika anda bepergian, cukup membahwa smartphone, maka semua pembayaran bisa dilakukan. Ups, kalian hanya bisa membayar dengan QR Payment ini dibeberapa tempat yang tersedia. Kalian hanya tinggal scan, bill sudah terbayar.

Risikonya kalau smartphone kalian hilang, ini yang gawat. Jadi jangan suka pamer password smartphone anda ya kalau enggak mau kebobolan.

Baca juga: Mau Beli Parsel Lebaran? Perhatikan Hal Ini Supaya Nggak Kecewa

Beberapa layanan yang menyediakan pembayaran QR Payment; 

1. Gojek



Aplikasi transportasi online ini sudah memiliki fitur pembayaran berbasis QR Code. Diaplikasi yang sudah diperbaharui, kalian bisa melihat menu Scan QR.

2. T-Cash

Aplikasi yang dikeluarkan oleh provider Telkomsel ini juga memiliki fitur QR Payment. Bahkan, QR Code bisa digunakan untuk transaksi pembayaran secara online maupun offline.

3. Lazada



Aplikasi belanja online ini tidak ingin tertinggal dengan lainnya. Aplikasi ini sudah mengaplikasikan sistem pembayaran melalui QR Code. 

Perlu diketahui, aplikasi itu tidak terkoneksi langsung dengan rekening bank ataupun kartu kredit. Bila ingin membayar sesuatu menggunakan fasilitas QR Code pada aplikasi tersebut, tentunya kalian harus mengisi saldo terlebih dahulu.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More