Forgot Password Register

Trik Jitu Bikin Tekstur Daging Menjadi Lembut dan Empuk

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Menjelang lebaran tentunya kita sudah mulai berpikir untuk menentukan menu masakan nanti. Namun pada umumnya daging sapi menjadi salah satu bahan dasar favorit untuk diolah menjadi beragam macam masakan.

Hidangan berbahan daging akan kurang sempurna jika teksturnya tidak lembut atau alot. Oleh karena itu, ada cara khusus agar membuat tekstur daging menjadi lebih lembut dan empuk.

Baca juga: Kerap Diklaim Berbahaya, Ternyata Ini Kandungan dalam MSG

Berikut cara yang bisa kamu coba:

1. Rendam daging di air kopi

Meski sedikit aneh, tapi tak ada salahnya kamu coba demi menghasilkan daging yang empuk dan lembut. Caranya sangatlah mudah, cukup dengan merendam daging dalam air kopi selama 24 jam. Hasilnya, daging akan lebih empuk dan memiliki aroma yang lebih sedap.

2. Nanas

Cara ini biasanya dilakukan oleh banyak chef profesional. Melumuri daging dengan nanas muda yang sudah di parut, lalu diamkan beberapa menit. Yang perlu diingat adalah jangan terlalu lama daging terlumuri nanas karena bisa hancur. Dengan cara ini daging akan bertekstur lunak dan memiliki citarasa yang lebih lezat.

3. Teh

Untuk melunakan daging gunakan teh hitam yang diseduh dengan pekat. Rendam daging tersebut didalam air teh sembari dipijat-pijat agar meresap kedalam pori-pori daging. Diamkan selama beberapa menit, angkat lalu tiriskan.

4. Daun Pepaya

Ini adalah cara yang paling umum dilakukan banyak orang. Membungkus daging dengan daun pepaya yang sudah di remas-remas dulu hingga mengeluarkan getah. Diamkan selama 1 jam, dan kamu bisa lihat bedanya tekstur daging lebih lembut sangat cocok untuk sate.

Baca juga: Inovasi Baru, Kedai Ini Bikin Menu Bakso Gulung

5. Jahe

Salah satu rempah yang tidak asing, jahe dapat dimanfaatkan untuk melunakkan daging yang akan kamu masak. Kupas kulit jahe dan parut hingga halus. Lumuri daging dengan parutan jahe selama 15–30 menit sebelum memasak daging. Enzim proteolitik alami yang berada di dalam jahe dapat menguraikan ikatan protein daging sehingga tekstur daging jadi lebih empuk.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More