Forgot Password Register

Trump: Saya Akan Tarik Seluruh Pasukan Militer dari Korea Utara

Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst) Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan akan menarik pulang seluruh pasukan militer yang kini bertahan di Korea Utara.

Hal itu dilakukan Trump setelah bertemu langsung dengan pimpinan Korea Utara Kim Jong Un di Singapura (12/6/2018) pagi tadi. Menurutnya, kebijakan tersebut perlu dilakukan untuk menghormati Korea Utara.

"Saya ingin mengeluarkan tentara-tentara kami. Saya ingin membawa pulang tentara-tentara kami," ujar Trump seperti dikutip dari Reuters.

Baca juga: Iran Peringati Kim: Trump Orang yang Gampang Melanggar Perjanjian

Kemudian, ia pun akan menghentikan latihan militer yang dilakukan bersama Korea Selatan. Trump mengakui, latihan perang jelas akan membuat Kim semakin meradang.

"Dalam situasi itu, kita bernegosiasi. Saya rasa tidak tepat untuk melakukan latihan-latihan perang," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, jika kedua pemimpin yang dulunya sering terlibat perang dingin itu telah bertemu. Mereka pun telah menandatangani perjanjian sejarah setelah melakukan pertemuan di Singapura.

Baca juga: Ini Isi Perjanjian Bersejarah Donald Trump-Kim Jong Un

Presiden Trump berkomitmen untuk memberikan jaminan keamanan kepada DPRK, dan Ketua Kim Jong Un menegaskan kembali komitmennya yang teguh dan teguh untuk menyelesaikan denuklirisasi Semenanjung Korea.

1. Amerika Serikat dan DPRK berkomitmen untuk membangun hubungan baru AS-DPRK sesuai dengan keinginan masyarakat kedua negara untuk perdamaian dan kemakmuran.

2. Amerika Serikat dan DPRK akan bergabung dengan upaya mereka untuk membangun rezim perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea.

3. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018, DPRK berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea.

4. Amerika Serikat dan DPRK berkomitmen untuk memulihkan POW / MIA tetap, termasuk pemulangan segera dari mereka yang sudah diidentifikasi.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More