Forgot Password Register

Trump Tarik Diri dari Kesepakatan Nuklir, Iran: Anda Telah Buat Kesalahan!

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. (Foto: Reuters) Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan jika keputusan Doanld Trump menarik AS dari perjanjian nuklir yang disepakati pada 2015 lalu sebagai sebuah sikap konyol.

"Dia mungkin memiliki lebih dari 10 kebohongan dalam komentarnya. Dia mengancam rezim dan orang-orang, mengatakan Anda melakukan ini dan itu. Tuan Trump, saya beritahu Anda atas nama rakyat Iran, Anda telah membuat kesalahan," kata Khamenei yang dikutip Pantau.com dari Sputnik, Rabu (9/5/2018).

Baca juga: Arab Saudi Angkat Bicara Soal Keputusan Trump Tinggalkan Perjanjian Nuklir Iran

Keputusan AS untuk menarik diri dari kesepakatan itu, lanjutnya, seperti memperlihatkan Amerika Serikat tengah tertekan.

'Kamu tidak bisa melakukan apa-apa!" tegasnya.

Khamenei telah mendukung kesepakatan nuklir Iran sementara mengkritik Donald Trump karena tidak mengikuti janji-janji yang diberikan berdasarkan perjanjian.

Baca juga: Pembicaraan Netanyahu-Putin Setelah AS Mundur dari Perjanjian Nuklir Iran

Menanggapi langkah AS, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan pada hari yang sama bahwa Iran tidak akan menarik diri dari JCPOA.

JCPOA (Rencana Aksi Komprehensif Gabungan) ditandatangani pada 14 Juli 2015 oleh Uni Eropa dan kelompok negara P5 + 1 - Cina, Jerman, Perancis, Rusia, Inggris dan Amerika Serikat.

Kesepakatan tersebut mengatur pencabutan sanksi anti-Iran secara bertahap sebagai ganti Teheran membatasi program nuklirnya dan memungkinkan inspeksi untuk memastikan bahwa sifat dari program tersebut adalah damai.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More