Forgot Password Register

Turut Awasi Tes Kesehatan, KPU Enggan Bicara Kemungkinan Paslon Tak Lolos

Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Pantau.com/ Bagaskara Isdiansyah) Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Pantau.com/ Bagaskara Isdiansyah)

Pantau.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) turut memantau langsung jalannya tahapan pemeriksaan kesehatan Pemilu Pemilihan Presiden 2019 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat.

Untuk diketahui pada sesi pertama tes kesehatan kali ini, pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk bakal calon Presiden Joko Widodo dan bakal calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Tes kesehatan ini merupakan merupakan salah satu syarat mengikuti kontestasi Pilpres 2019.

Baca juga: Para Sekjen Koalisi Indonesia Kerja Dampingi Jokowi-Ma'ruf Tes Kesehatan

"Kehadiran komisioner KPU hari ini bagian dari tahapan proses pencalonan, kami harus ikuti," ucap Ketua KPU Arief Budiman di RSPAD Gatot Soebroto, Senen, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018).

Arief menuturkan, bahwa pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada tim kedokteran yang telah ditunjuk untuk melakukan pemeriksaan bakal pasangan calon (paslon) capres dan cawapres. Ia pun mengharapkan seluruh proses berjalan lancar.

"Kalau kesehatan kami percayakan semua, kita lihat saja setelah seluruh proses yang akan dilakukan," tuturnya.

Tim pemeriksa kesehatan bakal capres dan cawapres untuk Pilpres 2019 akan dipimpin oleh Danardi Sosrosumihardjo, Sp.KJ. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Saat ini Danardi bekerja sebagai dokter psikiatri di RS Premier Jatinegara.

Berdasarkan SK KPU nomor 1004/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani bakal capres dan cawapres ada 16 tahapan pemeriksaan.

Baca juga: Ngaku Siap Jalani Tes Kesehatan, Jokowi: Sudah Puasa Sejak Jam 10 Malam

"Tim kesehatan yang tau untuk memeriksa masing-masing item, berapa lama pemeriksaannya kita serahkan kepada tim kesehatan," imbuhnya.

Sementara jika nantinya ada pasangan calon dinyatakan tidak lolos dalam tes kesehatan kali ini, Arief dan pihaknya mengaku tak mau berandai-andai dan lebih memilih menyerahkan sepenuhnya kepada tim medis yang berkerja.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More