Forgot Password Register

UEA Bantah Terlibat Persekongkolan Pilpres Donald Trump

Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst) Presiden AS Donald Trump. (Foto: Reuters/Jonathan Ernst)

Pantau.com - Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan tak pernah mempengaruhi pemilihan umum Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Selasa (22 Mei 2018) waktu setempat. 

Hal itu menyusul laporan bahwa putra presiden bertemu dengan utusan yang mewakili putra mahkota UEA dan Arab Saudi.

"Perhatian harus diberikan kepada fakta-fakta atas ucapan tidak langsung dan spekulasi; UEA tidak berusaha untuk mempengaruhi pemilihan Amerika Serikat pada 2016," kata Menteri Urusan Luar Negeri Anwar Gargash.

Baca juga: Trump: Pertemuan dengan Kim Jong Un Tidak Akan Berlangsung 12 Juni Mendatang

"Seperti pemerintah lain yang ramah kepada AS, pejabat UEA memiliki kontak dengan staf dan penasihat dalam baik kampanye presiden 2016 untuk menginformasikan maupun diberitahu tentang posisi kebijakan luar negeri kandidat.

"New York Times" pekan lalu memberitakan tentang pertemuan pada Agustus 2016, di mana pengusaha Lebanon-Amerika George Nader mengatakan kepada Donald Trump bahwa para pemimpin Teluk Arab sangat ingin membantu ayahnya memenangkan pemilihan umum.

Namun Pengacara Trump membantah hal tersebut. Ia mengatakan tidak ada yang terjadi dari pertemuan itu.

Baca juga: AS Bakal Berikan Sanksi Keras, Begini Sikap Perlawan Iran

Penasihat Khusus AS, Robert Mueller, sedang menyelidiki apakah Rusia ikut campur dalam pemilihan presiden. Namun Trump membantah adanya kolusi dengan Rusia dan menyebut penyelidikan Mueller sebagai perburuan penyihir.

Sejak 1974, Amerika Serikat melarang warga negara asing memberi uang untuk kampanye politik dan kemudian melarang mereka untuk menyumbang ke partai politik. Undang-undang pembiayaan kampanye juga melarang warga negara asing untuk berkoordinasi dengan kampanye dan membeli iklan yang secara eksplisit menyerukan pemilihan umum atau kekalahan seorang kandidat.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More