Forgot Password Register

Umur Berapa Anak Sudah Boleh Memakai Make Up?

Umur Berapa Anak Sudah Boleh Memakai Make Up? Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dr. Anesia Tania, SpKK. (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Sering ditemukan anak kecil, khususnya perempuan, mencoba alat make-up sang kakak ataupun ibunya. Tapi sebenarnya, umur berapa sih tepatnya anak perempuan diperbolehkan memakai make up?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dr. Anesia Tania, SpKK menyebutkan di umur 12 tahun ke atas atau telah terjadinya perubahan psikologis yang sering disebut puber, jadi salah satu tanda anak diperbolehkan memakai make up, namun sebatas riasan yang tipis.

"Tapi kalau dari sisi fisiologi kulit sih di atas remaja, 12 tahun itu dia sudah mulai kelenjar minyaknya kayak orang dewasa, barier kulitnya mulai aktif. Setelah itu mungkin sudah boleh dicoba make up tipis untuk acara tertentu. Kalau di bawah itu baiknya enggak karena kulitnya masih belum siap," ujar Dr.Anesia Tania dalam acara Seminar Senka di Shangri-La Hotel, Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2019).

Baca juga: Bolehkah Lotion Dewasa Dipakai Anak Kecil?

Bila usia anak di bawah 12 tahun, Dr.Tania tidak menyarankan untuk membiarkan anak menggunakan make up karena daya tahan kulit yang masih belum sempurna dan terbilang masih sensitif, sehinggaakan terjadi alergi bahkan iritasi yang merusak kulit.

Dr.Tania tidak mempersalahkan si anak sekedar bermain dengan make up sesekali kemudian langsung dibersihkan, selama tidak ada kandungan zat pemicu alergi dan bahaya untuk anak, seperti surfaktan dengan jenis sodium lauryl sufate.

"Cuma kalau memang mau pakai atau istilahnya untuk lucu-lucuan, itu kan ada make up yang khusus buat anak, dia kandungannya lebih lembut. Nah, itu biasanya bisa dipakai," ungkapnya.

Baca juga: Cara Aman Gunakan Lotion Anti Nyamuk untuk Anak

Namun, lagi-lagi demi menghindari risiko, sebaiknya make up benar-benar dihindari untuk anak mengingat kulit yang dalam masa pertumbuhan. 

"Karena kulit anak masih bagus banget, masih belum ada celah, warnanya masih bagus, kolagennya masih bagus. Jadi untuk make up sebaiknya enggak usah dipakai, semua yang tidak perlu yang sifatnya kosmetik atau dekoratif untuk anak sebaiknya dihindari saja," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More