Forgot Password Register

Unik, Spesies Siput Ini Bisa Meleleh Seperti Es Krim

Siput laut (Foto: Youtube) Siput laut (Foto: Youtube)

Pantau.com - Para ilmuwan Newcastle University baru-baru ini menemukan tiga spesies baru jenis siput laut yang mampu bertahan hidup pada cuaca ekstrem di dasar laut. Uniknya saat dibawa kepermukaan, selayaknya es krim spesies ini dengan cepat akan meleleh. 

Baca juga: Unik Cara Merawat Kecantikan Para Selebritis Dunia Berikut Ini

Dilansir dari laman Odditycentral,  Kamis (13/9/2018), spesies ini ditemukan saat peneliti melakukan ekspedisi internasional menjelajahi kedalaman Palung Atacama, salah satu palung terdalam di perairan Samudera Pasifik, yang letaknya tak jauh dari pantau Peru. 

Dalam ekspedisinya, peneliti menerjunkan kamera khusus hingga kedalaman 7500 meter, dimana pada kedalaman tersebut suhu air mencapai lebih dari titik beku serta tekanan api yang cukup tinggi dimana jika manusia kesana dipastikan tidak dapat bertahan hidup. 

Pada kedalaman itulah, ternyata peneliti menemukan kehidupan para ikan dasar laut, termasuk diantaranya ikan siput Atacama berwarna merah muda, ungu dan biru. 

"Ada sesuatu tentang snailfish (ikan dari jenis Liparidae) yang membuat mereka beradaptasi di dasar laut dalam,  diluar dari jangkauan ikan lainnya, yang membuat mereka bebas dari pemangsa dan pesaing.  Dalam rekaman (kamera) itu terlibat banyak invertebrata di bawah sana,  dan siput adalah predator teratas. Mereka terlihat cukup aktif dan sangat subur," ujar Thomad Linley salah satu peneliti. 

Kemampuan khusus spesies ini adalah menahan cuaca ekstrem,  padahal selain bagian gigi dan tulang kecil dalam tubuh spesies ini yang terlihar keras, sisanya adalah sekumpulan gelatin yang amat lunak dan hebatnya mampu menahan tekanan dasar laut.  Banyak ilmuwan memprediksi spesies ini tidak akan bertahan jika dibawa kepermukaan.

"Tanpa tekanan ekstrim dan dingin untuk mendukung tubuh mereka,  mereka sangat rapuh dan meleleh dengan cepar ketika dibawa ke permukaan," sambung Thomas. 

Baca juga: Unik, Sekelompok Burung Gagak Jadi Petugas Kebersihan Taman

Saat ini peneliti telah menangkap salah satu spesies tersebut dengan perangkap khusus, meski mereka tidak bertahan lama saat dibawa, sehingga peneliti memutuskan untuk mengawetkan tubuh spesies tersebut dalam keadaan utuh untuk diteliti. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More