Pantau Flash
13 Aliran Kepercayaan Sesat Tumbuh di Bekasi
PSSI Tak Tahu Keberadaan Simon McMenemy saat Ini
DPR RI pada BI: Jangan Sampai Penggunaan Uang Digital Jadi Money Creation
Timnas U-22 Indonesia Ditahan Iran 1-1
Agus Rahardjo: OTT KPK adalah Bukti Tak Ada Sinergi antara Polri-Kejaksaan

Video Viral Asap Hitam Pekat Penambangan Karst di Karawang Tutupi Jalan

Video Viral Asap Hitam Pekat Penambangan Karst di Karawang Tutupi Jalan Asap hitam pekat dari penambangan batu kapur di daerah Pangkalan, Karawang menghalangi jalan. (Foto: Twitter)


Pantau.com - Beredar sebuah video memperlihatkan asap hitam pekat yang dihasilkan dari penambangan batu kapur di daerah Pangkalan, Karawang, Jawa Barat menutupi jalan. Kondisi tersebut jelas sangan membahayakan pengemudi yang melintas.

Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @Joya_308 pada Kamis (7/11/2019). "Tiap hari terlewati potret penambangan karst KBAK dan tungku pembakaran liar di karawang yg tak pernah ada solusi dari pemda." tulis akun tersebut dalam unggahannya.

Joya mengaku sudah sering mengadu kepada pemerintah setempat atas kondisi penambangan yang merugikan itu tapi tidak ada respon tegas.

Baca Juga: Video Viral Pria 'Dijebak Polisi' di Kalideres, Begini Faktanya Sebenarnya

"Kami sering berteriak bahkan menyetop pertambangan liarnya tapi belum ada ketegasan dari pemda padahal polusi udara terbesar Karawang ya tungku pembakaran. Mirisnya bahan bakar dari limbah pelastik infor oli bekas dan ban," tulis Joya.

Ia juga merasa pemerintah daerah sudah lama tidak berdaya karna tak punya solusi untuk penambangan tersebut.

Padahal pegunungan kapur Pangkalan telah ditetapkan sebagai Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) yang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 3606 K/40/MEM/2015.

Tim Pantau
Editor
Yusuf Fadilah
Penulis
Yusuf Fadilah
Category
Visual

Berita Terkait: