Forgot Password Register

Waduh! Ada Importir Transaksi Puluhan Ribu Dolar per Hari Bebas Pajak

Waduh! Ada Importir Transaksi Puluhan Ribu Dolar per Hari Bebas Pajak Gedung Ditjen Pajak (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - PMK 110 tahun 2018 yang mengatur mengenai penyesuaian tarif PPh Impor sudah rampung. Kebijakan ini diharapkan dapat mengantisipasi adanya oknum yang berbuat curang. Pasalnya, Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) masih menemukan oknum yang sebelumnya berusaha mengakali kebijakan impor.

Kebijakan mengatur batasan transaksi maksimal yakni USD 75 perhari yang mendapat pembebasan. Namun ada beberapa oknum yang melakukan transaksi ratusan kali untuk menghindari pengenaan tarif. 

"Mereka mentransaksikan barang-barangnya itu di bawah 100 usd dan berulang-ulang, bahkan ada satu orang yang mengimpor dari satu suplier sebanyak 400 kali dalam sehari dengan jumlah total transaksinya itu puluhan ribu USD," ujarnya Dirjen Bea Cukai, Heru Pambudi saat ditemui usai acara di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018).

Baca juga: Kena Deh! Pajak Calon Legislatif akan 'Diubek-ubek'

Ia menambahkan, paket kebijakan saat ini akan memperketat transaksi, sehingga sistem akan menghitung transaksi total dalam sehari. 

"Jadi meski mereka split, dari yang lima barang sekaligus menjadi satu, satu, satu dan lima kali transaksi di bawah 75 USD tapi sistem otomasi kami akan tetap menghitung berapa dalam sehari dan begitu mereka sampai pada batas 75 maka langsung tidak ada pembebasan," ungkapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, barang-barang yang seringkali dilakukan dengan transaksi ini diantaranya arloji, tas, baju, kacamata, hingga aksesoris handphone yang totalnya ada yang mencapai USD 20.300 dalam sehari.

Ia mengatakan, hal ini ini menjadi concern pemerintah dan pengusaha yang juga diwakili asosiasi ritel Indonesia. Pasalnya, banyak pengusaha yang sudah melakukan prosedur dengan benar merasa dicurangi dengan adanya oknum-oknum tersebut.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More