Pantau Flash
New York Mulai Larang Penjualan Rokok Elektrik Bercita Rasa
UU Pemasyarakatan Beres, Napi Koruptor Bisa Mudah Bebas Bersyarat
Pesawat Twin Otter Hilang Kontak dalam Penerbangan dari Timika ke Ilaga
Hafiz/Gloria Terhenti di Babak Pertama China Open 2019
KTM: Posisi Johann Zarco Digantikan Mika Kallio hingga Akhir Musim

Waduh, Tiup Lilin Kue Ulang Tahun Bisa Picu Penyakit!

Waduh, Tiup Lilin Kue Ulang Tahun Bisa Picu Penyakit! Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kebanyakan orang mungkin pernah melakukan tiup lilin ketika sedang ulang tahun. Kebiasaan itu seakan telah menjadi tradisi setiap kali merayakan bertambahnya jumlah usia. 

Tapi dibalik kesenangan perayaan tersebut ada fakta yang cukup menyedihkan. Penelitian dari Clemson University, South Carolina, Amerika Serikat menyebutkan bahwa tiup lilin di atas kue ketika ulang tahun bisa picu berbagai penyakit. 

Melansir dari The Independent, penyakit-penyakit itu ditimbulkan dari bakteri yang tersebar pada kue ulang tahun. Lantaran meniup lilin meningkatkan penyebaran bakteri hingga 1.400 persen. Bakteri itu dibawa mulut saat meniup lilin. 

Baca juga: 5 Cara Alami Sembuhkan Sakit Kepala Tanpa Obat, Nomor 4 Tak Disangka-sangka

Napas manusia mengandung bakteri dan partikel debu yang disebut dengan bioaerosol. Bakteri dan partikel ini lah yang dapat berpindah dari mulut ke permukaan kue saat meniup lilin kue ulang tahun. 

Hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of Food Research ini mengamati sejumlah responden yang meniup lilin di atas sepotong kue dengan kandungan gula yang tinggi. 

Hasilnya ditemukan bahwa tiup lilin bisa meningkatkan penyebaran bakteri yang dapat picu sejumlah penyakit.

Baca juga: Lakukan 5 Kebiasaan Sepele Ini Agar Terhindar dari Pilek

Kasus penularan penyakit ketika meniup lilin kue ulang tahun sebenarnya termasuk jarang. Tapi, bukan berarti mustahil. Masih ada kemungkinan penyebaran kuman ketika kue tersebut dimakan.

Bila sedang sakit, meniup lilin di atas kue ulang tahun tentu bisa jadi masalah. Apalagi bila orang-orang di sekitar mu yang sistem imunnya sedang lemah.

Dr. Christopher Hollingsworth, ahli bedah endovaskular di NYC Surgical Associates mengatakan, risiko penularan penyakit cenderung lebih rendah bila orang yang meniup lilin tidak sedang sakit.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Lilis Varwati
Category
Ragam


Komentar

  1. Hallo Bossku...Bersama kami dupa88.com Saat Ini Kami Memberikan Berbagai Promo BONUS ISTIMEWA ( TRIPLE BONUS ) di antaranya : - Bonus Welome Cashback 100% Modal awal kurang beruntung kami ganti 100% - Bonus New Member 20% hingga Rp 2.000.000,- - Bonus Next Depo 10% hingga Rp 1.000.000,- Bisa di klaim berulang kali dalam sehari - Bonus Loyality / Hadir. - Jackpot Sportsbook 100% - Bonus Rollover Weekly POKER 0.7% - Bonus Cashback Weekly 7% Minimum Deposit Hanya 50K Proses DP/WD Sulat (Super Kilat) tidak lebih dari 2 mnt dan aman. Anda Menang Berapapun, kami bayar boskuu. :) Hub. Wa = +855-973465121

  2. PROMO TERDAHSYAT & NO TIPU2 DARI SITUS QQHARIAN.COM ( 1 ID BISA BUAT BANYAK PERMAINAN ) *BONUS CASHBACK 100% KEKALAHAN PERTAMA *WELCOME BONUS 50% *RELOAD BONUS SAMPAI 1jt BISA DI KLAIM BERKALI-KALI DALAM SEHARI *BONUS ABSEN MINGGUAN SEBESAR 100rb *BONUS TURNOVER CASINO 1,7% *BONUS TURNOVER SLOTS & SPORTBOOK 0,8% *BONUS TURNOVER POKER 0,5% | Silahkan Langsung Kunjungi dan Hubungi LIVECHAT Kami di :  https://bit.ly/33tnKT5 , whatsapp : +639954825268

  3. Hallo guys masih bersama DUPA88.com Saat Ini Kami Memberikan Berbagai Promo BONUS ISTIMEWA ( TRIPLE BONUS ) di antaranya : - Bonus Welome Cashback 100% Modal awal kurang beruntung kami ganti 100% - Bonus New Member 20% hingga Rp 2.000.000,- - Bonus Next Depo 10% hingga Rp 1.000.000,- Bisa di klaim berulang kali dalam sehari - Bonus Loyality / Hadir. - Jackpot Sportsbook 100% - Bonus Rollover Weekly POKER 0.7% - Bonus Cashback Weekly 7% Minimum Deposit Hanya 25K Pelayanan cepat & aman!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973465121