Forgot Password Register

Wajib! Indonesia Jangan Hanya Jadi Pasar Perkembangan Teknologi Digital

Wajib! Indonesia Jangan Hanya Jadi Pasar Perkembangan Teknologi Digital Ilustrasi e-Commerce. (Pixabay)

Pantau.com - Perkembangan teknologi digital bukan hanya sebatas teknologi, dan pemanfaatannya tidak hanya terbatas pada beberapa sektor saja. Terkait hal tersebut Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menilai digital perlu dimanfaatkan pada seluruh sektor pembangunan.

"Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih komprehensif dalam mempersiapkan pembangunan Indonesia di era digital," ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi  dan UKM Kemenko Perekonomian, Rudy Salahudin dalam peluncuran laporan The Digital Komodo Dragon di Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Baca juga: Dear Bankir... Ini Jurus Agar Usahamu Tak Punah oleh Fintech

Rudy mengatakan, jangan sampai Indonesia hanya menjadi pasar dalam perkembangan digital saat ini. Untuk itu kata dia, beberapa peraturan Indonesia terkait ekonomi digital sedang dalam proses penyusunan dan revisi.

"Pemerintah berupaya menyusun kebijakan yang dapat menciptakan ekosistem yang kondusif bagi ekonomi digital tetapi tetap dapat memberikan kepastian hukum, perlindungan bagi konsumen dan menjaga iklim kompetisi usaha," paparnya.

Baca juga: Di Hadapan Pegawai Baru, Sri Mulyani Singgung-singgung China

Dengan strategi tersebut, diharapkan pengembangan ekonomi digital dapat memberikan lebih banyak peluang bagi produsen, UKM, dan start-up lokal. "Sehingga Indonesia tidak hanya akan menjadi pasar," imbuhnya.

Rudy menambahkan, saat ini pihaknya bekerja sama deraan Kementerian/Lembaga dan Otoritas terkait sedang merumuskan Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital.

"Dalam menyusunan strategi ekonomi digital, kita harus bergerak cepat. Keterlibatan dan insight dari berbagai pihak. Seperti pelaku usaha dan akademisi sangat diperlukan," pungkasnya.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More