Forgot Password Register

Was-was Tukar Uang di Pinggir Jalan? Ikuti 4 Langkah Jitu Ini

Ilustrasi uang (Foto:Bank Indonesia) Ilustrasi uang (Foto:Bank Indonesia)

Pantau.com - Budaya mudik di Indonesia selalu melekat setiap hari raya besar. Hal itu juga tidak lepas dengan iming-iming angpao atau uang hadiah untuk saudara di kampung. 

Nah biasanya buat kalian yang kepepet tidak sempat menukarkan uang di layanan resmi bank Indonesia, kalian harus teliti jika menukar uang dipinggir jalan ya.

Antisipasi saja jangan sampai kalian dapat segepok uang palsu, amsyong kan. Berikut langkah sebelum menukar uang pecahan di pinggir jalan.

1. Teliti Warna


Uang asli rilisan Bank Indonesia memiliki warna yang cerah dan nggak patah-patah. Karena menggunakan tinta pigment khusus, warna uang asli bisa berbeda jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Jadi kalau uang yang anda beli 

Nah, jika uang akan anda beli warnanya sedikit pucat mending kalian urungkan niat, logika saja, masa uang baru sudah pudar.

2. Diraba


Karena uang yang digagakan di pinggiran biasanya terbungkus plastik nih, jadi minta cek saja. Pedagang juga pasti paham ko, nah kalian harus waspada.

Nah untuk memastikan keasliannya, kalian raba bagian ujung yang berlambang BI, jika itu timbul, maka itu bisa dipastikan asli. 


Share :
Komentar :

Terkait

Read More