Forgot Password Register

Waspada! Ini Daftar Penyakit yang Timbul Usai Lebaran

Ilustrasi sakit (Foto: Pixibay) Ilustrasi sakit (Foto: Pixibay)

Pantau.com - Praktisi kesehatan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ari Fahrial Syam mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang biasa datang setelah Lebaran.

"Berbagai penyakit akibat adanya vektor yang tumbuh subur akibat lingkungan yang tidak bersih harus diantisipasi yaitu infeksi usus, demam typhoid, disentri, leptospirosis dan juga demam berdarah atau DHF," kata Ari di Jakarta, Kamis (21/6/2018).

Menurut Ari, penyebab penyakit itu muncul karena petugas kebersihan yang masih libur dan banyak sampah yang menumpuk. 

Baca juga: 5 Cara Efektif Tingkatkan Daya Ingat

Selain itu, asisten rumah tangga di rumah juga masih banyak yang mudik sehingga rumah kurang dibersihkan. Akibat sampah yang bertumpuk-tumpuk membuat banyak lalat, tikus dan nyamuk.

"Binatang-binatang yang membawa bibit penyakit itu jika tidak dicegah keberadaannya akan membawa dampak buruk bagi kesehatan," jelas Ari.

Baca juga: Gimana Nih Ramalan Zodiak Kamu Hari Ini? Kepoin Yuk Ah

Lalat membawa penyakit usus, diare, hingga deman thypoid. Tikus menyebabkan penyakit demam kuning atau leptospirosis. Kemudian nyamuk aedes aegypti yang membawa virus DHF.

"Oleh karena harus diperhatikan kebersihan di dalam dan di sekitar rumah. Hindari air-air menggenang yang jadi tempat berkembangbiaknya nyamuk," ujar Ari.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More