Forgot Password Register

Waspada, Mobil Tesla Seharga Rp1,1 Triliun Saja Bisa Hilang dalam Waktu 2 Detik

Mobil Tesla seri-S. (Foto: Reuters/Kim Hong-Ji) Mobil Tesla seri-S. (Foto: Reuters/Kim Hong-Ji)

Pantau.com - Meskipun ada sejumlah fitur keamanan, mobil Tesla model S hilang digondol para pencuri bersenjata dengan peralatan radio dan komputer yang bermodal USD600 atau senilai Rp8,9 juta.

Dikutip dari Russia Today, Rabu (12/9/2018), mobil keren itu hilang hanya dalam waktu 2 detik dengan secara nirkabel mengkloning kunci mobil listrik.

Model unggulan Tesla, dengan  USD75.000 atau Rp1,1 triliun itu menawarkan akses masuk tanpa kunci dan mengemudi. Namun, para peneliti di universitas KU Leuven di Belgia berhasil menemukan cara untuk merekayasa balik sistem tersebut. 

Mereka mendemonstrasikan metode ini pada Konferensi Perangkat Keras dan Sistem Tertanam Cryptographic di Amsterdam pada hari Senin (10 September 2018).


Baca juga: Cerita Pasangan Suami Istri Beli Kapal Perang Bekas Selandia Baru

Sederhananya, mobil itu sendiri mentransmisikan sinyal radio frekuensi rendah, yang akan mendeteksi dan merespon sinyal frekuensi tinggii. Mobil kemudian memberikan sinyal 'tantangan' terenkripsi, yang lagi-lagi ditanggapinya dengan jawaban terenkripsi. Setelah mobil memverifikasi jawaban ini dua kali, ia siap mengunci, membuka kunci, dan memulai dengan menekan tombol.

Para peneliti Belgia menemukan bahwa mereka dapat mengambil sinyal radio awal mobil dengan menggunakan radio portabel, yang kemudian disandingkan dalam jarak tiga kaki dari fob akan mengunci target. Mereka kemudian mencatat kode respons fob dua kali, dan menjalankannya melalui kombinasi 6-terraby besar dari semua kemungkinan kunci.

Perhitungan ini hanya membutuhkan waktu kurang dari dua detik. Setelah selesai, para peneliti menyiarkan kunci rahasia, memulai mobil, dan melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Perhiasan Putri Arab Saudi Senilai Rp13,7 Miliar Digondol Maling

Radio portabel yang digunakan dapat dibeli di toko elektronik mana pun dan komputer mikro Raspberry Pi dapat ditemukan secara online dengan harga kurang dari USD40. Daftar kunci 6-terabyte disimpan pada hard drive portabel, sementara seluruh pengaturan didukung oleh beberapa baterai.

Kloning fobs kunci adalah salah satu dari beberapa metode pencurian mobil tanpa kunci. Selama bertahun-tahun, pencuri telah dapat memegang satu perangkat radio di dekat kunci pemilik dan yang lain di dekat mobil untuk 'menjembatani' sinyal dan mengelabui mobil itu dengan berpikir bahwa kunci itu berada di dekatnya.

Menjembatani serangan seperti ini selalu mahal, tetapi pada tahun 2017 sekelompok peneliti Cina menemukan bahwa mereka dapat dilakukan hanya dengan peralatan senilai USD22.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More