Forgot Password Register

Waspada Trump! China Kini Pasang Badan untuk Kim Jong Un

Waspada Trump! China Kini Pasang Badan untuk Kim Jong Un Pertemuan Kim Jong Un dengan Xi Jinping. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Presiden China Xi Jinping menyatakan akan mendukung pemimpin Korea Utara Kim Jong Un jika pembicaraan denuklirisasi dengan Amerika Serikat menemui jalan buntu. 

Seperti diketahui, Kim mengunjungi China dengan kereta pada Minggu, untuk melakukan pembicaraan terkait posisi China dalam proses denuklirisasi di Semenanjung Korea. Diyakini pertemuan tersebut, menjadi kunci Kim melakukan KTT jilid II dengan Presiden AS Donald Trump.

China yang menjadi negara sekutu utama Korea Utara, mempertahankan peran vital dalam perombakan diplomatik meskipun ada ketegangan di masa lalu. "China berharap DPRK dan Amerika Serikat akan bertemu di tengah jalan" kata Presiden Xi, laporan kantor berita pemerintah China Xinhua yang dilansir dari AFP, Jumat (11/1/2018).

Baca juga: Akhirnya Donald Trump Angkat Bicara Soal Pertemuan Jilid II dengan Kim Jong Un

Pada pertemuan pertama mereka di Singapura pada bulan Juni, Kim dan Trump menandatangani dokumen perjanjian soal denuklirisasi. Namun, pernyataan yang tertuang masih samar, lantaran tidak menjelaskan hal apa yang harus segera dilakukan kedua belah pihak.

Namun, perjanjian itu masih terombang-ambing. Korea Utara menginginkan pembebasan serangkaian sanksi yang dijatuhkan padanya atas senjata nuklir dan program rudal balistiknya. Sementara AS menginginkan langkah-langkah itu tetap berlaku sampai Korut menyerahkan senjata nuklirnya.

Hingga kini, Korea Utara telah melakukan enam ledakan nuklir dan meluncurkan rudal yang mampu mencapai seluruh Amerika Serikat, tetapi tidak melakukan tes seperti itu selama lebih dari setahun, dan meledakkan pintu masuk ke tempat uji coba nuklir sebagai bagian dari perjanjian.

Baca juga: Kim Jong Un Lawatan Lagi ke China Usai Diundang Xi Jinping, Bahas Apa?

Share :
Komentar :

Terkait

Read More