Forgot Password Register

Headlines

Wow, Industri Fintech Tumbuh 10 Kali Lipat dalam Setahun

Wow, Industri Fintech Tumbuh 10 Kali Lipat dalam Setahun Ilustrasi Fintech (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Teknologi Keuangan atau Financial Technologi (fintech) berkembang pesat. Ketua Asosiasi Fintech (Aftech) Indonesia, Andrian Gunadi mengatakan hal tersebut tercermin dari peningkatan pelaku di industri fintech.

"Terbukti dari jumlah pelaku yang terdaftar di asosiasi ada 135 perusahaan fintech, terdiri dari lima perusahaan fintech utama; Payment, Lending, Market Comparison, Insurance, dan Capital Market," ujarnya saat ditemui di Gedung OJK, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Andrian menambahkan, jumlah tersebut tumbuh 10 kali lipat dalam satu tahun. "135 ini tumbuh 10 kali lipat dalam setahun terakhir ini," katanya.

Menurutnya, hal ini didukung oleh banyak faktor mulai dari adanya inklusi keuangan di Indonesia yang memang belum merata hingga bonus demografi. 

"Ini menunjukan pertumbuhan luar biasa dalam setahun terakhir, tidak lain beberapa faktor inklusi keuangan, kredit gap, terkait juga bonus demografi indonesia yang cukup unik," imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari 135 perusahaan fintech anggota Asosiasi, Andrian mencatat tak kurang dari 44 perusahaan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Perusahaan berizin konvensional ada 43, syariah satu, (sehingga) per 10 April ada 44 fintech terdaftar di OJK," paparnya.

44 perusahaan tersebut seluruhnya merupakan fintech lending yang aturannya sudah rampung diatur dalam POJK No 77 tahun 2016 tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More