Forgot Password Register

Wow! Seekor Ikan Hiu Paus Catatkan Rekor Setelah Lakukan Perjalanan 12 Ribu Mil

Wow! Seekor Ikan Hiu Paus Catatkan Rekor Setelah Lakukan Perjalanan 12 Ribu Mil Ikan hiu paus. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Seekor ikan hiu paus telah melakukan perjalanan lebih dari 12.000 mil dalam migrasi terpanjang yang pernah tercatat. Bahkan berhenti di sepanjang jalan untuk mengunjungi Marianas Trench.

Raksasa beranama Anne itu dilacak oleh para peneliti di Smithsonian Tropical Research Institute ketika berenang dari Pasifik timur ke Indo-Pasifik barat sejauh 20.142km.

Melansir Metro, Selasa (1/5/2018), Anne tetap berada di perairan Panama selama 116 hari, lalu berenang ke arah Pulau Clipperton, mendekati Pulau Cocos di Kosta Rika dalam perjalanan ke Pulau Darwin di Galapagos.

Baca juga: Pernah Dengar Batu Bata Trotoar Terbuat dari Limbah Plastik?

Setelah 266 hari dilacak, sinyal menghilang, menunjukkan bahwa Anne berenang terlalu dalam untuk dilacak. Para peneliti kemudian memiliki 235 hari sebelum transmisi dimulai lagi di selatan Hawaii.

Kemudian, ikan hiu paus itu melanjutkan perjalanan melalui Kepulauan Marshall sampai tiba di Palung Marianas - lembah di dasar samudra tempat direktur Titanic Cameron menemukan titik terdalam di permukaan Bumi, hampir 11.000 m di bawah permukaan laut.

Baca juga: Tengok Foto Ini, 15 Ribu Polisi Dibuat Putar Otak untuk Menangkapnya

Hiu paus dapat menyelam hingga lebih dari 1.900 m (6.000 kaki), tetapi tidak diketahui apa yang dilakukan Anne di area ini.

Anne pertama kali ditandai oleh ahli biologi kelautan Dr Héctor Guzmán dekat Coiba Island di Panama.

"Kami hanya memiliki sedikit informasi tentang mengapa hiu paus bermigrasi. Apakah mereka mencari makanan, mencari peluang berkembang biak atau didorong oleh dorongan lain?" kata Hector.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More