Forgot Password Register

Wuih....Bank Dunia Tawarkan Pinjaman Menggiurkan untuk Bangun LRT

Wuih....Bank Dunia Tawarkan Pinjaman Menggiurkan untuk Bangun LRT Pembangunan LRT (Foto:Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Bank Dunia menawarkan bantuan pinjaman kepada Indonesia untuk membangun transportasi perkotaan berbentuk kereta ringan (light rail transit).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan pinjaman itu menyasar pembangunan LRT di empat kota yakni Medan, Bandung, Surabaya dan Bali.

"Jadi, tadi ada ide bagus dari Pak Menko Kemaritiman karena ada tawaran dari Bank Dunia untuk memberikan bantuan 'loan' (pinjaman). Nah kita tahu kota-kota besar di Indonesia penataan transportasinya belum maksimal, kita ambil kesempatan itu," kata Budi usai rakor transportasi perkotaan yang digelar di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Baca juga: Bank Dunia Optimis Pertemuan IMF Berjalan Lancar

Budi menjelaskan, pemerintah Indonesia akan mempresentasikan proposal tentang penataan transportasi perkotaan itu dalam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali, Oktober mendatang.

Dari empat kota yang akan diajukan, tiga kota diantaranya telah memiliki proposal proyek yakni Medan, Bandung dan Surabaya.

"Ditambah lagi tadi usul Bali, jadi ada empat kota yang akan kita ajukan," ujarnya.

Budi menambahkan, proyek di empat kota tersebut diperkirakan akan menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Baca juga: Pastikan Agenda IMF Aman, Presiden Bank Dunia Terbang ke Bali

"Keempat kota ini akan menjadi proyek KPBU mengikuti KPBU yang sudah berlaku di LRT Jabodebek," katanya.

Kendati demikian, Budi mengatakan usulan mengenai nilai investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan transportasi perkotaan di empat kota itu belum dapat disebutkan.

Selain masih tahap awal, pemerintah menekankan pentingnya untuk mengajukan proyek yang nyata dan solutif terutama untuk kota-kota besar dengan tingkat kepadatan tinggi.

"Nanti akan ada pertemuan mingguan lanjutan untuk membahas ini karena ini masih sangat awal," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More