Forgot Password Register

WWF: Industri Jasa Keuangan Perlu Menetapkan Skala Prioritas

WWF: Industri Jasa Keuangan Perlu Menetapkan Skala Prioritas Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Pelaku usaha di sektor finansial nasional memiliki peran penting untuk mendorong praktik pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di Nusantara agar dapat benar-benar menjadi fondasi perekonomian bangsa.

"Sektor jasa keuangan tidak hanya berperan kunci dalam mendorong para nasabahnya menerapkan transformasi praktik berkelanjutan. Mereka juga mampu menghidupkan kesejahteraan masyarakat terdampak dari suatu pembiayaan," kata Kemal Stamboel, Ketua Badan Pengurus WWF-Indonesia  dalam rilis di Jakarta, Kamis (7/6/2018).

WWF-Indonesia juga telah membentuk Inisiatif Keuangan Berkelanjutan Indonesia (IKBI) yang telah ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atas inisiatif tersebut oleh delapan bank dan WWF Indonesia.

Baca juga: INASGOC Ajukan Ekstra Anggaran Rp291 Miliar, Untuk Apa?

Menurut Kemal Stamboel, agar target pemerintah dapat dicapai secara efektif, industri jasa keuangan perlu menetapkan skala prioritas dalam membangun suatu kebijakan sektoral yang berpengaruh mendorong kinerja keberlanjutan nasabahnya.

Selain itu, ujarnya pengembangan model bisnis baru yang inovatif dan kolaboratif juga dinilai perlu menjadi urgensi program inisiatif tersebut.

Kelahiran IKBI tidak terlepas dari keberhasilan proyek perintis "First Steps to become Sustainable Bank" yang diinisiasi Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia (OJK) 2015 dan mendapat bimbingan teknis dari WWF-Indonesia.

Dalam proyek tersebut, kedelapan bank "First Movers" memperoleh bimbingan terkait implementasi manajemen risiko lingkungan hidup dan tata kelola. Kedelapan bank tersebut yaitu, Bank Artha Graha Indonesia, BRI Syariah, Bank Central Asia, Bank Mandiri, Bank Muamalat, Bank Negara Indonesia, Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, dan Bank Rakyat Indonesia.

Beberapa keluaran dari proyek rintisan ini termasuk perbaikan kebijakan dan Standar Prosedur Operasi (SOP) pada masing-masing bank serta perbaikan kualitas pembiayaan khususnya pada sektor usaha yang memiliki risiko lingkungan hidup dan sosial yang tinggi.

Baca juga: Sri Mulyani Klaim Sudah Cairkan Rp15,47 Triliun Dana THR

IKBI merupakan inisiatif riil berbasis-pasar dari Industri Jasa Keuangan (IJK) yang diharapkan mampu mendukung implementasi peta jalan keuangan berkelanjutan beserta aturan implementasinya, yaitu Peraturan OJK No.51 dan No.60 tahun 2017 tentang Penerapan Prinsip Keuangan Berkelanjutan dan Green Bond.

IKBI diharapkan berfungsi sebagai sarana tukar pengalaman, belajar antar pelaku IJK sekaligus meluaskan informasi dan penerapan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan kepada IJK.

Pada tahap awal, IKBI telah mengembangkan roadmap jangka pendek. Selama satu tahun ke depan, IKBI akan aktif mengembangkan roadmap jangka panjang bersama para anggotanya untuk mengedepankan program-program strategis, melakukan sosialisasi dan membangun kemitraan serta inisiasi proyek-proyek pilot dalam mengembangkan model bisnis hijau yang aplikatif.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More