Forgot Password Register

Yuk Liburan ke Negeri Ginseng Pakai Visa Multiple dan Group Visa, Gampang

Jinhae Gu, salah satu lokasi destinasi wisata di Korea Selatan. (Foto: Pixabay) Jinhae Gu, salah satu lokasi destinasi wisata di Korea Selatan. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Duta besar Korea untuk Indonesia, Kim Changbeom kembali mencanangkan program visa multiple dan grup visa sebagai langkah untuk mempermudah serta meningkatkan warga negara Indonesia yang ingin berkunjung ke Korea Selatan. 

Sebelumnya telah ditandatangani perjanjian terkait penjualan prangko sebagai bukti pembayaran visa pada 5 April 2018 lalu.

"Dengan adanya acara pengukuhan informasi terkait visa kami berharap semakin banyak masyarakat Indonesia berkunjung ke Korea dan diberikan kenyamanan untuk mengajukan visa multiple dan grup visa bisa dalam satu hari," ucap Kim Changbeom di kantornya. 

Baca juga: Lakukan Rutinitas Ini di Pagi Hari untuk Dapatkan Hari yang Menyenangkan

Kim menjelaskan, visa multiple bisa berlaku selama lima tahun. Dalam jangka waktu tersebut pemilik visa multiple bisa bebas mengunjungi Korea Selatan kapan saja dengan Masa izin tinggal setiap kunjungan selama 30 hari. 

Sedangkan untuk program lainnya yakni grup visa, minimal jumlah peserta harus sebanyak 5 orang. Kim menyebut dengan menggunakan grup visa bisa lebih menghemat pengeluaran karena tak perlu melampirkan dokumen keuangan dan hanya memakan biaya USD 15.

"Khusus selama tahun 2018 pembuatan visa grup dibebaskan dari biaya," tambahnya.

Namun ada syarat tertentu untuk bisa mengajukan kedua visa tersebut, khususnya multiple visa. Pemohon harus lolos dari salah satu persyaratan berikut:

1. Terdaftar sebagai pegawai negeri sipil, 

2. Pejabat dan pegawai perusahaan BUMN 

3. Pejabat dan pegawai perusahaan penerbangan tertentu yang melayani rute Korsel

4. Pernah mengunjungi Korsel

5. Pemegang visa negara OECD (Organisasi untuk kerjasama dan Pembangunan Ekonomi) yang masih berlaku

6. Pendapatan di atas USD 8000 per tahun

7. Lulusan universitas di Korsel

8. Pekerja profesional. 

Sementara visa grup, dengan ada ketentuan minimal lima orang jika kurang satu saja pengajuan visa bisa gagal. Kedua Program visa tersebut hanya bisa didaftarkan pada 33 agen perjalanan yang telah terpilih dan bisa dicek pada situs resmi Kedutaan Republik Korea. 

Baca juga: Anda Harus Coba! Ini Manfaat Besar Jalan Kaki Tanpa Alas

Tahun ini Kedutaan Korea menargetkan jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea mencapai 500 ribu orang. Meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 300 ribu orang. 

"Khususnya dengan perubahan visa tahun ini. Kami berharap semakin banyak juga masyarakat Korea ke Indonesia," pungkas Kim. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More