Anies Ubah Semua Nama RSUD di Jakarta jadi Rumah Sehat, Ini Alasan Anak Buahnya

Headline
Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengikuti kegiatan pencanangan penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara virtual di RS Umum Daerah Koja, Jakarta Utara, Rabu (3/8/2022). ANTARA/ HO-Kominfotik Jakarta Utara

Pantau – Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menyebutkan penjenamaan “Rumah Sehat untuk Jakarta” pada seluruh rumah sakit umum daerah (RSUD) yang digulirkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai imbauan agar masyarakat rajin memeriksa kesehatan saat kondisi sehat.

“Datang ke Rumah Sehat untuk Jakarta selagi kita dalam kondisi sehat. Jangan baru merasa sakit, kita baru datang untuk menyembuhkan,” kata Ali di RSUD Koja, Jakarta Utara, Rabu (2/8/2022).

Ali mengatakan penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta pada sejumlah RSUD digelar serentak di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat.

Ali mengungkapkan pelayanan kesehatan di RSUD Koja telah lengkap dan juga mengusung konsep terintegrasi antar pelayanan kesehatan lainnya.

Dengan kelengkapan dan integrasi pelayanan kesehatan itu, Ali menilai RSUD Koja mampu menghadirkan fasilitas kesehatan prima sesuai dengan semangat pola pikir masyarakat terhadap Rumah Sehat untuk Jakarta.

“Alhamdulillah di Rumah Sakit untuk Jakarta RSUD Koja ini pelayanannya luar biasa maksimal, lengkap, dan sudah terintegrasi,” tutur Ali.

Direktur RSUD Koja, dr Ida Bagus Nyoman Banjar menuturkan pengunjung RSUD Koja dapat memanfaatkan pelayanan pemeriksaan medis (medical check up) untuk mengetahui kondisi kesehatan yang dialami dengan menggunakan fasilitas dari pemerintah melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Pelayanan itu dipastikan dapat ditanggung BPJS Kesehatan apabila pemeriksaan dilakukan berjenjang diawali dari fasilitas kesehatan pertama atau puskesmas.

Saat ini, pelayanan kesehatan unggulan penunjang Rumah Sehat untuk Jakarta di RSUD Koja berupa Pelayanan Terapi Tumbuh Kembang Anak, Pelayanan Jantung Terpadu, Pelayanan Stroke Terpadu, Pelayanan Pusat Trauma (Trauma Center), dan Pelayanan Luka Bakar.

“Orang sehat sekarang bisa datang ke sini untuk mendapatkan pelayanan medical check up untuk mengetahui keluhan selama ini. Jadi misalkan saya merasa sehat, apa benar saya sehat? Melalui medical check up ini diperiksa tekanan darah, kolesterol, dan lain sebagainya melalui laboratorium,” tutur dr Ida.

Selain di RSUD Koja dan RSUD Cengkareng, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melangsungkan pencanangan penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta itu pada seluruh Rumah Sakit Umum Daerah di Jakarta.

Diketahui, penjenamaan Rumah Sehat untuk Jakarta diiringi penyeragaman seluruh logo rumah sakit umum se-Jakarta. Acara itu digelar sekaligus dengan dimulainya Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Muhammad Rodhi