Antrean Kendaraan Mengular 2 KM di Megamendung Bogor, Polisi Bakal Terapkan Sistem One Way

Headline
Ilustrasi jalur puncak. (Foto: Antara)Ilustrasi jalur puncak. (Foto: Antara)

Pantau – Arus kendaraan di wilayah Puncak Bogor, Jawa Barat, terpantau padat merayap hingga menimbulkan kemacetan di beberapa titik. Antrean kendaaran ini juga tampak mengular sekitar 2 kilometer di kawasan Megamendung.

Kepadatan arus kendaraan menuju puncak sudah terjadi kawasan Megamendung Bogor sekitar pukul 10.30 WIB. Antrean kendaraan nampak mengular panjang sejak menjelang lokasi wisata Cimory Dairy Land hingga Cimory Riverside.

Kemacetan arus lalu lintas ini terjadi lantaran banyaknya kendaraan keluar masuk di persimpangan menuju kawasan wisata. Sementara arus kendaraan menuju Jakarta, nampak lebih lengang cenderung sepi.

“Mulai macet tadi jam 11.00 WIB, kalau pagi lumayan lancar, nggak kayak gini, nggak ada antrean. Ini juga yang macet cuma arah ke Puncak, kalau arah Jakarta lancar-lancar saja,” kata warga bernama Atho di Jalan Raya Puncak kawasan Megamendung Bogor.

Atho menyebut, arus kendaraan menuju kawasan Puncak sempat mengalami kemacetan panjang pada Sabtu (22/10/2022) kemarin. Kemacetan bahkan terjadi hingga menjelang malam hari.

“Kemarin yang lumayan lama macetnya, sampai saya mau pulang kerja masih macet, itu sekitar jam 19.00 WIB ya. Kalau sekarang macetnya baru ini aja, tadi pagi sih lancar,” katanya.

Rekayasa lalu lintas bakal diberlakukan Satlantas Polres Bogor siang ini. Sistem satu arah alias one way untuk kendaraan menuju Jakarta akan diterapkan. Sementara kendaraan menuju Puncak akan disetop sementara hingga arus kembali dimungkinkan untuk diberlakukan dua arah.

“Pukul 12.00 WIB kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak akan ditutup dan diberlakukan sistem one way dari arah Puncak ke arah Jakarta,” kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata dalam keterangannya.

Waktu penerapan sistem one way, kata Dicky, akan disesuaikan dengan kondisi arus kendaraan di kawasan Puncak serta berdasarkan diskresi kepolisian.

“Bagi pengguna jalan menuju kawasan Puncak agar memperhatikan waktu keberangkatannya dan diharapkan mematuhi arahan petugas di lapangan,” imbaunya.

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino
Penulis
Khalied Malvino