Pantau Flash
Masjid Istiqlal Tak Akan Gelar Salat Idul Adha
Pemerintah Berikan Sanksi jika Ada Tarif Rapid Test di Atas Rp150 Ribu
Rekor Harian Baru! Bertambah 2.657, Positif COVID-19 Tembus 70 Ribu
BKPM Pastikan Juli 2020 Sudah Ada Relokasi Pabrik
Erick Thohir Prediksi Ekonomi Pulih 100 persen di Tahun 2022

3 Fokus Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam 100 Hari Kerja

3 Fokus Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam 100 Hari Kerja Mentan Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Dok. Kementan)

Pantau.com - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan ada tiga fokus utama yang akan dikerjakannya dalam 100 hari menjabat. Adapun yang pertama menyamakan data pertanian mulai dari tingkat desa hingga kementerian, baik terkait produksi hingga lahan.

"Dalam 100 hari ini data harus satu dari yang dipegang Presiden, kepala desa, bupati, gubernur, semua kementerian, harus sama," ujar Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian, fokus kedua, kepastian data lahan yang akan mengalami masa panen. Sehingga dapat diketahui kemampuan produksi dengan kebutuhan pangan dalam negeri, tak lagi melihat persoalan produksi hanya berdasarkan aspek cuaca hingga bencana alam.

Baca juga: Janji Mentan Syahrul Yasin Limpo: Segera Selesaikan Data Pertanian

"Kami berharap 100 hari ini ada kejelasan lahan-lahan yang akan panen di mana saja, seperti apa kemampuan produksi untuk memberi makan 260 juta masyarakat Indonesia. Kami sudah gunakan IT, artificial intellegence akan kami mainkan," jelasnya.

Fokus yang ketiga, soal birokrasi yang mengurus pengendalian pertanian. Menurutnya, tak bisa lagi berada di tingkat provinsi, melainkan harus diurus tingkat kecamatan.

Sehingga kondisi lapangan dapat dilihat secara terperinci karena melalui tingkat pemerintah yang paling bawah. "Sehingga masalah-masalah pangan, case by case, di mana tempatnya, semua orang bisa melihat," tukasnya.

Baca juga: 'Strategi' Mentan SYL Tingkatkan Devisa di Sektor Hortikultura

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta

Berita Terkait: