Pantau Flash
Gerindra Berharap Pemerintah Tidak Hilang Kesabaran Hadapi Pandemi Korona
Pemkab Bogor Diminta Turun Tangan Atasi Kepadatan Jalur Puncak Saat PSBB
The New Normal, Penumpang Wajib Datang 4 Jam Sebelum Penerbangan
Kasus Positif di Indonesia Capai 26.940, Pasien Sembuh Tercatat 7.637
Resmi! MotoGP Jepang Batal Digelar Akibat COVID-19

3 Fokus Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam 100 Hari Kerja

3 Fokus Mentan Syahrul Yasin Limpo dalam 100 Hari Kerja Mentan Syahrul Yasin Limpo. (Foto: Dok. Kementan)

Pantau.com - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan ada tiga fokus utama yang akan dikerjakannya dalam 100 hari menjabat. Adapun yang pertama menyamakan data pertanian mulai dari tingkat desa hingga kementerian, baik terkait produksi hingga lahan.

"Dalam 100 hari ini data harus satu dari yang dipegang Presiden, kepala desa, bupati, gubernur, semua kementerian, harus sama," ujar Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian, fokus kedua, kepastian data lahan yang akan mengalami masa panen. Sehingga dapat diketahui kemampuan produksi dengan kebutuhan pangan dalam negeri, tak lagi melihat persoalan produksi hanya berdasarkan aspek cuaca hingga bencana alam.

Baca juga: Janji Mentan Syahrul Yasin Limpo: Segera Selesaikan Data Pertanian

"Kami berharap 100 hari ini ada kejelasan lahan-lahan yang akan panen di mana saja, seperti apa kemampuan produksi untuk memberi makan 260 juta masyarakat Indonesia. Kami sudah gunakan IT, artificial intellegence akan kami mainkan," jelasnya.

Fokus yang ketiga, soal birokrasi yang mengurus pengendalian pertanian. Menurutnya, tak bisa lagi berada di tingkat provinsi, melainkan harus diurus tingkat kecamatan.

Sehingga kondisi lapangan dapat dilihat secara terperinci karena melalui tingkat pemerintah yang paling bawah. "Sehingga masalah-masalah pangan, case by case, di mana tempatnya, semua orang bisa melihat," tukasnya.

Baca juga: 'Strategi' Mentan SYL Tingkatkan Devisa di Sektor Hortikultura

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta

Berita Terkait: