363 Kapal Pencuri Ikan Telah Ditenggelamkan, Bagaimana Strategi Baru KKP?

ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)ilustrasi (Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat pada 2017, menenggelamkan 127 kapal penangkap ikan yang ilegal menangkap ikan di perairan Indonesia. Nah secara akumulasi sejak 2014-2017, jumlah kapal ilegal yang ditenggelamkan sebanyak 363 kapal.

“Meski sudah dilakukan penenggelaman dengan berbagai macam cara, toh kapal-kapal asing tadi tetap masuk ke dalam,” ujar Plt Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Nilanto Perbowo, Kamis (11/1/2018).

Nilanto mengatakan luas laut Indonesia merupakan tantangan sehingga harus memastikan agar laut bisa terawasi. Ia menilai jika hanya mengandalkan operasi kapal pengawas tidak bisa mengawasi dengan optimal. Menurutnya, kebijakan tersebut membuat pencurian ikan berkurang. 

“Coba lihat dari jumlah kasus, sekarang kan praktis menurun, tapi tetap ada. Sekarang modusnya mereka menunggu di batas ZEE (zona ekonomi eklusif) di laut lepas, kita pantau dengan segala macam metode,” lanjut Nilanto.  Dia melanjutkan KKP bakal terus melanjutkan kerja sama dengan pelbagai pihak untuk memastikan sumber daya kita dalam keadaan sehat yang sesungguhnya.

Tim Pantau
Editor
Martina Prianti