Pantau Flash
Menteri BUMN: Pengembangan Wisata Medis Dimulai di Bali
Kena OTT KPK, Wali Kota Cimahi Ajay Miliki Total Kekayaan Rp8,1 Miliar
KKP: Menteri Edhy Telah Ajukan Pengunduran Diri ke Presiden Jokowi
Pecah Rekor Lagi! Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Naik 5.828
Pemerintah Terbitkan Perpres 109/2020 Dorong Pelaksanaan PSN

5 Cara Pilih Asuransi yang Tepat untuk Mobil Kesayanganmu

5 Cara Pilih Asuransi yang Tepat untuk Mobil Kesayanganmu Ilustrasi asuransi mobil.com. (Foto: ET Auto)

Pantau.comMemiliki kendaraan impian pasti menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi jika kita melalui proses cukup lama dan penuh perjuangan sebelumnya. Mulai dari harus menabung terlebih dahulu hingga berhemat setiap saat.

Mobil tidak hanya berperan sebagai kendaraan yang mampu mengantar kita ke berbagai tempat. Tapi juga, sebagai aset berharga yang bernilai investasi. Bukan tidak mungkin di kemudian hari mobil ini berharga jual tinggi. Oleh karena itu, mobil kita harus dilindungi.

Cara melindungi yang paling mudah adalah dengan membeli polis asuransi kendaraan. Polis asuransi ini akan menjadi perlindungan bagi kendaraan kita saat hal-hal tak terduga seperti kecelakaan terjadi.

Baca juga: Gokil! Pria Kanada Ini Nekat Ganti Kelamin Demi Asuransi Mobil Rendah

Perlu diingat lho, mobil sedikit lecet saja biaya perbaikannya besar karena harus diperbaikisecara menyeluruh. Berikut ini ada beberapa tips dari Pantau.com dalam menemukan asuransi kendaraan untuk mobil kita agar perlindungannya tepat:


1. Analisis Kebutuhan

Polis asuransi kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga setiap orang dengan mobil yang dimilikinya pasti punya kebutuhan dan keinginan tertentu atas risiko yang dimiliki mobilnya tersebut.

 

Pada polis asuransi kendaraan, biasanya ada dua pilihan. Jenis asuransi kendaraan yang all risk dan asuransi kendaraan total loss only. All risk merupakan polis asuransi dengan biaya pertanggungan yang diberikan atas berbagai risiko yang terjadi atas mobil tersebut. Sedangkan total loss only, pertanggungan hanya diberikan pada mobil yang memiliki kerusakan lebih dari 75%.


2. Bandingkan Sebelum Memutuskan


Produk asuransi kendaraan banyak ditawarkan perusahaan asuransi. Bagi kamu yang masih baru, pasti bingung jika banyak tawaran seperti ini. Sebaiknya, kamu tidak hanya terpaku pada satu tawaran perusahaan. Bandingkan juga polis dari perusahaan asuransi lainnya.

 

Semakin banyak pilihan akan semakin memudahkan kamu dalam memutuskan polis asuransi kendaraan mana yang paling sesuai kebutuhan kendaraanmu.

 

3. Percayakan Pada Ahlinya


Masih bingung? Mintalah rekomendasi perusahaan asuransi yang tepat dan terpercaya dari dealer tempat kamu membeli kendaraan tersebut. Mereka pasti punya perusahaan asuransi rekanan yang kredibilitasnya sudah mereka akui. Selain itu, kerja sama antara dealer dan perusahaan asuransi tersebut akan mempermudah kamu dalam proses pembeliannya. Bahkan mungkin, pihak dealer akan membantu mengurusnya langsung dan kamu tahu jadi saja.


4. Perhatikan Kemudahan Klaim


Percuma ikut asuransi kalau klaimnya ribet. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan syarat dan ketentuan klaim asuransi yang ditawarkan agar saat asuransi dibutuhkan, klaimnya mudah.

 

Kemudahan klaim antara lain dapat dilihat dari segi waktu klaim (kapan klaim bisa dilakukan setelah terjadi kecelakaan tersebut) dan cara klaim (cukup pakai kartu asuransi dan tunjukan pada bengkel rekanan atau harus ke kantor asuransi tersebut dahulu).

 

Beberapa perusahaan asuransi kini bahkan sudah menerapkan klaim digital. Mereka memiliki aplikasi untuk klaim yang mempermudah kita menarik dana tanpa perlu datang ke kantornya.


5. Premi Ringan Sesuai Kemampuan


Membeli polis asuransi itu sama seperti kita menabung. Bedanya, kalau menabung kita membuka rekening di bank dan kita tinggal tarik uang kapan saja (kecuali deposito dan tabungan rencana), sedangkan kalau asuransi premi yang kita bayarkan perbulan akan disimpan di perusahaan asuransi tersebut dan baru bisa kita klaim saat manfaat polis dibutuhkan. Tentu saja untuk kendaraan, dana asuransi akan cair saat terjadi kecelakaan. Jumlah yang diberikan sebagai tanggungan pun tidak sefleksible tabungan, jumlahnya terbatas sesuai yang telah disepakati.

 

Asuransi tidak memberikan biaya perbaikan penuh karena perusahaan asuransi tahu kalau risiko yang sudah terjadi tersebut bisa saja terjadi kembali di kemudian hari dan pasti kita butuh biaya lagi. Oleh karena itu, sifat asuransi ini meringankan.

 

Dalam pembayaran premi per bulan tersebut, jumlah premi setiap jenis asuransi berbeda-beda. Tergantung pada kelebihan polis tersebut, termasuk biaya pertanggungan maksimal yang akan diberikannya pada saat klaim tersebut.


Karena kita memiliki pilihan, maka pilihlah biaya premi asuransi yang sesuai dengan kemampuan saja. Pastikan bahwa premi tersebut tidak akan mempengaruhi anggaran yang sudah kita buat setiap bulannya. Sehingga, tidak akan ada complain darianggota keluarga lain yang merasa lebih penting mobil dibanding dirinya.

 

Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - RZS

Berita Terkait: